Penerimaan Peserta Didik Baru Dibuka, Ayo, Segera Daftarkan Putera Puteri Anda

Jember.LONTARNEWS.COM – Bagi orang tua yang mempunyai anak dan akan bersekolah, bisa segera mendaftarkan putera puterinya ke sekolah. Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kabupaten Jember tahun 2020/2021 ini, di masa pandemi Covid-19, sudah dibuka.

Para orang tua bisa memanfaatkan fasilitas daring atau online untuk melakukan pendaftran dalam PPDB Kabupaten Jember tahun 2020/2021 ini. Pendaftaran dapat dilakukan secara daring atau online, maupun datang langsung ke sekolah yang dituju.

Jadual pendaftaran SMP Negeri untuk jalur prestasi, afirmasi, difabel, dan perpindahan tugas orang tua, pada 9-11 Juni 2020. Sedang untuk zonasi pada tanggal 17 – 20 Juni 2020. “Dengan menggunakan jalur zonasi, jalur prestasi, jalur afirmasi, dan jalur perpindahan tugas orang tua. Selain itu juga ada jalur difabel,” terang Dr. H. Edy Budi Susilo, M.Si, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jember, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jember, Senin (08/06/2020).

Pelaksanaan PPDB ini, lanjut Edy mengacu Permendikbud No. 44 tahun 2020. Untuk pendaftaran di SD Negeri memakai jadual yang sama. Tanggal 9-11 Juni 2020 untuk jalur prestasi, afirmasi, difabel, dan perpindahan tugas orang tua. Tanggal 17 – 20 Juni 2020 untuk zonasi.

Sementara pendaftaran TK Negeri datang langsung ke sekolah yang dituju, dengan jadwal yang sama seperti SD dan SMP. “Informasi sudah disebarluaskan, juga melalui media online,” katanya.

Kadispendik mengimbau orang tua untuk melaksanakan proses pendaftaran dengan sebaik-baiknya, dengan memerhatikan SOP yang diumumkan dan dengan bijak mendaftarkan putra putrinya sesuai dengan kemampuan. Bagi anak-anak yang memiliki prestasi, dibuktikan dengan piagam atau sertifikat, bisa masuk jalur prestasi.

Bisa melalui jalur afirmasi, yaitu bagi para orang tua atau wali yang memiliki kartu PKH, KKS, dan anaknya mendapatkan KIP. Untuk jalur perpindahan orang tua dibuka agar memudahkan bagi anak-anak yang mengikuti orang tua pindah tempat kerja.

“Pendaftaran sama seperti tahun sebelumnya, dapat melalui online dan datang langsung ke sekolah,” jelasnya.

Edy menjelaskan, total lulusan SD/MI negeri dan swasta sejumlah 38.287. Untuk daya tampung SMP negeri sebanyak 15.424 siswa, terdiri dari 482 kelas dengan pagu tiap rombel sebanyak 32 siswa di 94 SMP negeri.

Sedang daya tampung SD negeri, mencapai 31.836 siswa, yang terdiri dari 1.136 rombel dengan pagu 28 siswa di 908 lembaga SD negeri. Untuk TK Negeri, daya tampung 266 siswa di 6 lembaga TK negeri, yaitu di Kecamatan Ambulu, Jengawah, Kalisat, Kaliwates, Kencong, dan Panti. (*)