Duta GenRe Sebagai Penyambung Lidah BKKBN kepada Remaja

  • Whatsapp
Muhammad Ro’is dan Ardhiyah Dwi Kumalasari, Duta GenRe Jember 2020
Muhammad Ro’is dan Ardhiyah Dwi Kumalasari, Duta GenRe Jember 2020

Jember.LONTARNEWS.COM – Pemilihan delapan finalis Duta GenRe (Generasi Berencana) untuk Masa Depan tahun 2020, akhirnya menetapkan Ardhiyah Dwi Kumalasari dan Muhammad Ro’is, sebagai yang terbaik. Kedua remaja ini, berhasil menyisihkan 6 finalis lainnya.

“Menjadi duta adalah penyambung lidah BKKBN kepada masyarakat, khususnya kepada remaja,” kata Ardhiyah usai penyematan slempang Duta GenRe Jember 2020, yang prosesi pemilihannya berlangsung di Balai Diklat BKKBN di Jalan Kalimantan, Sabtu (13/06/2020).

Remaja, menurut Ardhiyah, biasanya lebih terbuka kepada temannya untuk berbicara tentang permasalahannya. Karena itu, sebagai ikon remaja, timpal Muhammad Ro’is, pihaknya berharap akan mampu membuat kehidupan remaja semakin baik.

“Angka pernikahan dini menjadi berkurang, kenakalan remaja juga semoga berkurang,” harap pemuda asal Desa Rowotamtu, Kecamatan Rambipuji itu.

Kepala Bidang Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera pada DP3AKB, Suprihandoko, menambahkan, seleksi Duta GenRe Jember 2020 sebelumnya dilakukan secara daring. Salah satunya menggunakan sarana media sosial.

Pemilihan Duta GenRe itu merupakan uji kompetensi remaja-remaja yang rutin dilaksanakan setiap tahun. “Kami berharap menemukan remaja-remaja Jember yang paling berkompeten di bidang generasi berencana untuk meraih masa depan,” katanya.

Sepasang Duta GenRe terbaik yang telah terpilih, lanjutnya, akan mengikuti kompetisi tingkat Provinsi Jawa Timur. “Harapan kami bisa memiliki duta nasional,” imbuhnya.

Dinas pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (P3AKB) Jember akan segera mendaftarkan pasangan Duta GenRe Jember 2020 untuk ikut seleksi tingkat provinsi. Pendaftarannya secara daring, karena menerapkan protokol kesehatan di masa pandemic Covid-19. Penilaian untuk seleksi oleh tim dari Provinsi Jawa Timur nantinya juga dilakukan secara daring

Selengkapnya, hasil seleksi Duta GenRe Jember 2020, terbaik pertama diraih Ardhiyah Dwi Kumalasari dan Muhammad Ro’is. Duta GenRe terbaik kedua ditempati Rani Maharani dan Irfan Sabikur Rahmat.

Selanjutnya, terbaik ketiga diraih Niken Ayu Larasati dan Ady Mansyah Eka Prayudi. Terakhir yakni pasangan Sakina Nurul Fajeri dan Ahmad Haris Amirulllah. (*)