Dengan Tingkat Kesembuhan di Atas 60 Persen, Angka Kematian Pasien Covid-19 di Jember Lebih Rendah Dibanding Provinsi dan Nasional

  • Whatsapp

Jember.LONTARNEWS.COM. Penanganan penyebaran dan penularan corona disease virus (Vovid-19), di Kabupaten Jember menunjukkan perkembangan yang cukup menggembirakan. Dari data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jember per tanggal 05 Agustus 2020, jumlah pasien sembuh mengalami peningkatan.

Pasien sebanyak 253 orang atau 61,11 persen dari kasus keseluruhan, dinyatakan sembuh. “Tingkat kesembuhan mencapai lebih enam puluh persen,” kata dr. Faida, MMR., Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, sekaligus Bupati Jember.

Jumlah itu lebih besar dibanding pasien yang masih dirawat sebanyak 147 orang atau 35,51 persen dari keseluruhan jumlah pasien konfirmasi positif sebanyak 414 orang. Sedang tingkat kematian dibanding rata-rata nasional dan Provinsi Jawa Timur, Jember terbilang rendah.

Angka kematian di tingkat Provinsi Jawa Timur sebesar 8 persen. Sedang tingkat nasional sebesar 5 persen. “Persentase pasien Covid-19 meninggal di Kabupaten Jember lebih rendah dari tingkat provinsi dan nasional,” terang Gatot Triyono, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kabupaten Jember.

Rendahnya tingkat kematian itu tidak lepas dari upaya proaktif gugus tugas dalam melakukan pelacakan terhadap orang yang terpapar dengan melakukan rapid test dan swab secara massif. Sehingga, begitu diketahui positif, kondisi kesehatan si pasien masih cukup baik.

Ini yang membuat proses penyembuhannya tidak membutuhkan waktu lama. “Tentu saja itu membuat proses kesembuhan lebih cepat,” tutur Gatot. (*).