Peringatan Hari Pramuka di Masa Pandemi, Tidak Lagi di Tempat Lapang, Tapi di Dalam Gedung

Spread the love

Wakil Bupati Jember, Drs. KH. A. Muqit Arief, pimpin rapat persiapan peringatan Hari Pramuka ke-59, Selasa (11/08/2020).

Jember.LONTARNEWS.COM. Pandemi Covid-19 benar-benar telah banyak merubah keadaan dan kebiasaan yang biasa dilakukan selama ini. Beragam kegiatan yang biasa dilaksanakan di tempat terbuka atau di tanah lapang, kini tidak bisa lagi dilakukan.

Salah satu contohnya adalah peringatan Hari Pramuka yang biasa dilakukan dengan upacara di tanah lapang, pada tahun ini rencananya akan digelar di dalam gedung. “Dengan segala keterbatasan, kami tetap akan menyelenggarakan upacara,” terang Drs. KH. A. Muqit Arief, Wakil Bupati Jember, Selasa (11/08/2020).

Rencananya, upacara peringatan Hari Pramuka ke-59 yang jatuh pada hari Jumat, 14 Agustus 2020 akan digelar di Aula PB Soedirman Pemkab Jember. Pelaksanaannya mengikuti prosedur protokol Covid-19.

Wabup yang juga Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Jember menjelaskan, protokol itu diantaranya jarak barisan, penyediaan alat-alat cuci tangan, sarung tangan terbuat dari latex, masker, face shield, dan lainnya sesuai kebutuhan. Peserta yang dilibatkan pada upacara ini juga akan dibatasi.

Pada pelaksanaannya nanti, selain pengurus Kwarcab Pramuka Jember, upacara juga mengundang unsur Forkopimda Kabupaten Jember. Termasuk Bupati Jember, dr. Faida, MMR., sebagai Ketua Pembina Kwarcab Pramuka Kabupaten Jember.

Pada upacara itu akan ada 37 mantan pelatih dan pembina Pramuka di Kabupaten Jember akan mendapatkan tali asih. “Tali asih yang akan diberikan ini sebagai bukti terima kasih kami kepada senior,” terang wabup.

Selain upacara di dalam ruangan, peringatan Hari Pramuka tahun ini akan diisi dengan kegiatan pembagian seribu masker kepada masyarakat. Masker akan dibagikan kepada masyarakat sekitar kantor Pramuka, alun-alun, dan pasar. (*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *