Jadikan Peringatan Hari Kemerdekaan Sebagai Ajang Pembelajaran Tentang Spirit dan Teladan Para Pendiri Bangsa

  • Whatsapp
Bupati Jember, dr. Faida, MMR, sebagai inspektur upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, di alun-alun Jember, Senin (17/08/2020)
Bupati Jember, dr. Faida, MMR, sebagai inspektur upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, di alun-alun Jember, Senin (17/08/2020)

Jember.LONTARNEWS.COM. Peringatan Hari Kemerdekaan adalah momentum untuk kembali mengenang dan mengingat bagaimana bangsa dan negara ini berdiri. Hari Kemerdekaan juga sebagai ajang pembelajaran tentang spirit dan teladan para pendiri bangsa.

“Kita bercermin, memandang sejarah, dan mengapresiai perjalanan panjang para pejuang yang membawa kita ke zaman sekarang,” ujar Bupati Jember, dr. Faida, MMR, dalam upacara peringatan HUT ke-17 Republik Indonesia, di alun-alun Kota Jember, Senin (17/08/2020).

Para pejuang telah mewariskan semangat kebersamaan, gotong royong, dan daya adaptasi yang telah teruji dalam menggapai cita-cita kemerdekan. Para pejuang juga telah membangun kemandirian bangsa yang lebih baik, di tengah keterbatasan dan rintangan.

Semua itu, lanjut bupati, dapat menjadi modal bangsa dalam mempercepat kebangkitan untuk Indonesia maju. “Inilah saatnya untuk membangkitkan kembali semangat kegotongroyongan dan semangat kebersamaan,” ajak bupati.

Peringatan Hari Kemerdekaan tahun ini dilaksanakan dalam masa pandemi Covid-19. Sejumlah protokol kesehatan diterapkan, sesuai panduan dari pemerintah pusat.

Diantaranya jumlah peserta terbatas. “Namun, tidak mengurangi khidmat dan rasa syukur,” tutur bupati di Alun-alun Jember.

Bupati menyampaikan terima kasih kepada masyarakat, karena tetap semangat dalam memperingati Hari Kemerdekaan. Meski masyarakat tidak memungkinkan menyelenggarakan kegiatan seperti tahun-tahun sebelumnya, tapi tetap penuh semangat dan semarak. (*)