Vian: “UMKM Tidak Hanya Harus Bertahan, Tapi Juga Mesti Berkembang”

  • Whatsapp
Dwi Arya Nugraha Oktavianto (Vian), saat menjadi narasumber dalam acara UMKM Go Online with Tokopedia, di Hotel Dafam, Jember, Sabtu (29/08/2020).
Dwi Arya Nugraha Oktavianto (Vian), saat menjadi narasumber dalam acara UMKM Go Online with Tokopedia, di Hotel Dafam, Jember, Sabtu (29/08/2020).

Jember.LONTARNEWS.COM. Kemampuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dalam menghadapi terpaan krisis ekonomi, sudah seharusnyalah tidak hanya dipertahankan, tapi harus dikembangkan. Sebab selain kemampuannya menyelamatkan ekonomo nasional, UMKM juga menjadi salah satu penopang ekonomi kerakyatan.

“UMKM tidak hanya harus bertahan, tapi juga mesti berkembang. Kuncinya, jangan pantang menyerah. Tahun 1998, usaha saya minus. Tapi berkat inovasi, kreasi, akhirnya bisa eksis,” ungkap Dwi Arya Nugraha Oktavianto (Vian), saat menjadi narasumber dalam acara UMKM Go Online with Tokopedia, di Hotel Dafam, Sabtu (29/08/2020).

Berangkat dari pengalaman UMKM yang mampu bertahan dalam menghadapi beberapa kali krisis ekonomi, Vian, akan membangkitkan usaha kerakyatan itu agar terus berkembang. Ia akan menghidupkan UMKM di Kabupaten Jember lebih modern dan mudah dalam kepengurusan perijinannya.

Pengembangan UMKM di Jember menurut Vian, sangat perlu dilakukan untuk menopang oerekonomian rakyat. Terlebih di Jember sendiri, ada tidak kurang dari 647 ribu UMKM.

“Ini cukup besar dan hampir 10 persen UMKM di Jawa Timur. Kita harus mensupport UMKM Jember, agar UMKM terus berkembang,” tegas Vian.

Tidak hanya cukup berkembang, dia akan mendorong 1000 UMKM di Jember go nasional, bahkan internasional. Ini dilakukan agar UMKM tidak hanya sebatas usaha biasa, tapi mampu menjadi penopang perekonomian di Kabupaten Jember, bahkan juga nasional.

Salah satu langkah yang akan ditempuh dalam mendorong berkembangnya UMKM, yakni akan menggandeng e-commerce seperti Tokopedia untuk membantu memasarkan produk UMKM Jember. “Tokopedia memiliki akses cepat untuk memasarkan produk lokal, dan memiliki jaringan nasional,” tuturnya.

Vian mengaku juga akan menggandeng perbankan untuk membantu permodalan UMKM di Jember. “Kita juga berharap agar proses perijinan UMKM mudah dan transparan, untuk meminimalisir pungli,” tegasnya.

“Saya juga akan menggalakkan gerakkan untuk cinta produk lokal. Sehingga bisa membantu UMKM dan meningkatkan perekonomian di Kabupaten Jember,” tambah Vian yang juga bakal calon wakil bupati Jember mendampingi dr. Faida. MMR pada pemilukada bulan Desember mendatang.(**den).