Pendistribusian Langsung Kartu Tani kepada Petani untuk Menghindari Jatuhnya Pupuk Bersubsidi ke Orang yang Bukan Petani

Bupati Jember, dr. Faida, MMR, dalam acara pendistribusian 534 kartu tani di Kecamatan Jombang, Sabtu (29/08/2020).
Bupati Jember, dr. Faida, MMR, dalam acara pendistribusian 534 kartu tani di Kecamatan Jombang, Sabtu (29/08/2020).

Jember.LONTARNEWS.COM. Sebanyak 534 kartu tani dibagikan kepada petani di Kecamatan Jombang. Pembagian kartu tani ini dimaksudkan untuk mendukung pemerintah pusat dalam pendistribusian pupuk bersubsidi bagi petani.

Fengan kartu ini, diharapkan pupuk bersubdisi yang menjadi hak petani tidak jatuh ke tangan orang yang bukan petani. “Untuk melindungi hak-hak petani,” tegas Bupati Jember, dr. Faida, MMR, dalam acara pendistribusian 534 kartu tani di Kecamatan Jombang, Sabtu (29/08/2020).

Penyerahan kartu tani ini dilakukan di sejumlah tempat di beberapa desa yang ada di Kecamatan Jombang. Pada acara itu, bupati berkesempatan menjelaskan kepada petani dan warga, pemerintahannya membantu petani dalam mendapatkan pupuk bersubsidi.

Penjelasan ini disampaikan untuk memberikan pemahaman soal terjadinya kekurangan stok pupuk dari pemerintah pusat. Berdasar Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) Tani, kekurangan tersebut ditanggung oleh Pemkab Jember.

Kekurangan pupuk ini secara nasional. Di Jember, dipastikan kekurangan stok pupuk diatasi bersama-sama. Stok yang ada akan segera didistribusikan,” terang bupati.

Bupati menyebut, program bantuan pupuk bersubsidi dari Pemerintah Kabupaten Jember akan diberikan ketika e-RDKK telah tuntas.(**oni).