Imbauan Gubernur Jatim, Pakai Masker Agar Sehat dan Ekonomi Tetap Berjalan

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, dalam acara Gowes Bersama keliling Kota Jember, Minggu (15/11/2020)
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, dalam acara Gowes Bersama keliling Kota Jember, Minggu (15/11/2020)

Jember.LONTARNEWS.COM. Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengimbau masyarakat untuk senantiasa menggunakan masyarakat dalam setiap aktifitasnya, terutama saat di luar rumah. Imbauan pemakaian masker ini disampaikan, karena untuk saat ini cara itu yang dianggap paling efektif mencegah penyebaran Covid-19.

“Kita ingin menyampaikan tetap pakai masker, karena pandemi Covid-19 belum berhenti penyebarannya. Oleh karena itu, mari kita jaga, supaya rakyat sehat, ekonomi tetap berjalan,” imbau Gubernur Khofifah, dalam acara Gowes Bersama, mengelilingi kota Jember, Minggu, (15/11/2020).

Turut serta dalam acara itu, Plt Bupati Jember  Drs. kH. A. Muqit Arief, Sekda Provinsi Jatim Heru Tjahjono, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jatim Difi Ahmad Johansyah, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jatim Bambang Mukti Riyadi, Forkopimda serta pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Kebupaten Jember.

Route yang dilewati dan dikunjungi peserta gowes, dimulai dari pasar tradisional, gerai UMKM, hingga stasiun RRI Jember untuk talkshow. Dalam kesempatan tersebut, Khofifah mengajak masyarakat ekonomi menengah ke atas untuk melakukan gerakan berbelanja di UMKM daerah.

“Tolong belanjalah di UMKM yang ada di daerah kita, supaya pergerakan ekonomi ini lebih signifikan lagi,” pintanya.

Pada acara itu Gubernur Khofifah juga menyerahkan sejumlah bantuan kepada masyarakat, untuk pemulihan ekonomi warga. Bantuan pemerintah pusat maupun pemprov yang menjadi stimulus diantaranya BLT, BPNT, Bantuan Subsidi Upah, hingga Banpres PUM kepada usaha mikro.

Bantuan stimulus perbankan, seperti kemudahan pengajuan kredit dan relaksasi kredit, bertujuan untuk membantu dan mengurangi dampak Covid-19 yang menjadi beban masyarakat di situasi sulit ini. “Semoga bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat di Jawa Timur,” ungkapnya.

Sementara atas kehadiran Gubernur Jatim ke Jember, Plt Bupati Jember, Drs. KH. A. Muqit Arief, menyatakan rasa senangnya dan ucapan terima kasih. “Saya atas nama pribadi serta mewakili masyarakat Kabupaten Jember, mengucapkan terima kasih pada ibu Khofifah beserta rombongan yang telah hadir di tengah-tengah kita, serta mendorong pemulihan ekonomi dan memberikan semangat pada masyarakat untuk terus bangkit di masa pandemi ini. Kehadiran ibu gubernur sangat berarti bagi kita,” akunya. (*).