Januari 2021 Bandara Notohadinegoro Kembali Layani Penerbangan Surabaya – Jember PP

Aktifitas di Bandara Notohadinegoro, Jember (foto istimewa)

Jember.LONTARNEWS.COM. Setelah sempat sepi dari penerbangan dalam beberapa bulan, bandara Notohadinegoro, Jember, kembali akan melayani penerbangan Surabaya-Jember PP. Kepastian akan dimulainya layanan penerbangan yang sempat terhenti akibat pandemi Covid-19 ini, disampaikan Kepala UPT Bandara Notohadinegoro Jember Edy Purnomo.

Bandara Notohadinegoro sendiri pada sepanjang tahun 2020 sebenarnya tetap beroperasi, namun karena jumlah penumpang mengalami penurunan akibat pandemi Covid-19, terpaksa pihak maskapai membatalkan penerbangan. “Karena pandemi Covid-19 berdampak terhadap jumlah penumpang, maskapai membatalkan penerbangan,” ungkap Edy.

Penerbangan tetap akan dilayani maskapai Wings Air. Layanan rute penerbangan Jember – Surabaya dan Surabaya – Jember, menggunakan pesawat jenis ATR 72/600.

Mulai dibukanya kembali penerbangan Surabaya – Jember dan sebaliknya ini, cukup mendapat sambutan dari masyarakat pengguna jasa transportasi penerbangan. Ini terbukti, meski jadual penerbangan baru berlaku awal tahun 2021, namun pemesanan tiket untuk tujuan Surabaya sudah ada sejak pekan kedua Desember 2020.

Untuk penerbangan dari Surabaya ke Jember pukul 10.30 dan kembali ke Surabaya dari Jember pukul 11.40. “Untuk aktual keberangkatan Wings Air tetap mengacu kebijakan manajemen pusat. Sedangkan untuk jadwal penerbangan tidak ada perubahan, tetap seperti semula,” tambah Ricco Permana Hadi, Airport Manager Wing’s.

Mengenai dimulainya lagi penerbangan di Bandara Notohadinegoro pada awal 2021, Rico mengimbau, sesuai anjuran pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Kesehatan, semua calon penumpang pesawat udara diwajibkan menunjukan dokumen rapid test anti gen. Kebijakan ini dikeluarkan sebagai upaya untuk mencegah persebaran Covid-19.(*).