Gandeng PMI Jember, RS dr Soebandi Tangani Penderita Covid-19 dengan Terapi Plasma Konvalesen

  • Whatsapp
Direktur RSD dr Soebandi Jember, dr Hendro Sulistyo dan Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember EA Zainal Marzuki, usai penandatanganan kerjasama, di RM Lestari, Jember, Kamis (07/01/2021)
banner 468x60

Jember.LONTARNEWS.COM. Penderita Covid-19 di Kabupaten Jember dan sekitarnya kini tak perlu lagi terlalu cemas dengan penyakit yang dideritanya. Pasalnya, PMI Kabupaten Jember dan Rumah Sakit Daerah dr Soebandi (RSDS) Jember menandatangani kerjasama pelayanan plasma konvalesen.

Terapi plasma konvalesen merupakan salah satu cara ampuh untuk menyembuhkan Covid-19. Plasma konvalesen berasal dari plasma sel darah mantan penderita Covid-19 yang sudah sembuh (penyintas)

Penandatanganan kerjasama pelayanan plasma konvalesen RSD dr Soebandi dengan PMI Jember ini untuk penanganan penderita Covid-19 dengan kondisi berat. “Kerjasama pelayanan plasma konvalesen ini menyikapi kondisi pandemi Covid-19 yang butuh keseriusan penanganan. Sebab itu, kita dan RSD dr Soebandi berkolaborasi untuk memproduksi plasma konvalesen,” ungkap EA Zainal Marzuki SH MH, Ketua PMI Kabupaten Jember, dalam acara penandatanganan kerjasama dengan RSD dr Soebandi, di RM Lestari, Jember, Kamis (07/01/2021)

Saat ini, kebutuhan plasma konvalesen kata Zaenal sangat besar, karena disadari manfaat plasma konvalesen cukup baik. “Kita berkoordinasi dengan pihak RSD dr Soebandi untuk bisa memenuhi plasma konvalesen di daerah jejaring PMI Jember. Kerjasama ini berkaitan dengan SDM dan peralatan produksi plasma konvalesen,” jelasnya.

Terkait dengan ketersediaan plasma konvalesen, Direktur RSD dr Soebandi Jember dr Hendro Sulistyo, mengatakan, tidak semua mantan pasien Covid-19 itu bisa mendonorkan plasma. Kalaupun bersedia mendonorkan darahnya, terlebih dahulu mereka harus melalui seleksi donor.

“Karena jumlah calon pendonor plasma ini tidak sedikit, selain juga harus memenuhi kriteria,” katanya.(*).

banner 300x250
banner 468x60