Sambil Menunggu Waktu Pelantikan, Cabup Cawabup Jember Terpilih Akan Lakukan Konsolidasi Sekaligus Siapkan Program

Paslon Bupati dan Wakil Bupati Jember terpilih, Ir. H. Hendy Siswanto dan KH Muhamad Balya Firjaun Barlaman (Gus Firjaun) dalam rapat pleno terbuka penetapan hasil pilkada 2020 oleh KPU Jember, di Hotel Aston, Jumat (22/01/2021).

Jember.LONTARNEWS.COM. Sesaat setelah ditetapkan sebagai pemenang pemilihan kepala daerah Kabupaten Jember, oleh KPU Jember, pasangan calon bupati dan wakil bupati Jember terpilih, Ir. H. Hendy Siswanto dan KH Muhamad Balya Firjaun Barlaman (Gus Firjaun), menyatakan akan segera melakukan konsolidasi sekaligus menyiapkan program. “Kami menunggu pelantikan resmi, dan setelah itu baru kami bekerja. Namun selama waktu menunggu ini, kami akan maksimalkan untuk menyiapkan program-program dengan Gus Firjaun,” ujar Ir. H. Hendy Siswanto, usai rapat pleno terbuka penetapan hasil pilkada 2020 oleh KPU Jember, di Hotel Aston, Jumat (22/01/2021).

Selain menyiapkan program cabup Jember terpilih juga menyatakan akan segera melakukan konsolidasi berbagai pihak, termasuk kalangan partai. Baik partai pengusung maupun partai yang lain.

Langkah ini dilakukan, karena menurut Hendy saat ini semuanya sudah menjadi satu. “Juga teman-teman dari paslon satu dan tiga, kami ajak untuk berkolaborasi, karena Jember ini milik kita semua. Karena itu harus bekerja bersama-sama,” ucapnya.

Terkait dengan tidak adanya anggaran hingga berimbas pada banyak hal, Hendy mengaku akan mengupayakannya setelah dilantik. Hanya saja, untuk tujuan itu pihaknya terus akan melakukan koordinasi, baik dengan legislatif maupun eksekutif.

“Sekarang kami belum bisa berbuat apa-apa, hanya melakukan koordinasi secara intensif dengan teman-teman semua. Karena koordinasi ini penting, meskipun belum resmi,” tandasnya.

Hendy berharap, setelah dilantik nanti, pihaknya bisa melakukan percepatan-percepatan. “Kami berharap unsur birokrat bisa menyesuaikan speed kami nanti, agar masyarakat bisa segera terlayani. Jember ini harus kita lakukan bersama-sama, tidak bisa sendiri,” pintanya

Demikian pula dari kalangan media diharapkan dukungannya. “Teman media mensuport, siapapun masyarakat harus juga mensuport bersama-sama. Kami melakukan percepatan, tentunya perlu dukungan semuanya. Tidak mungkin berdiri sendiri,” tandasnya.

Ungkapan senada juga disampaikan Cawabup terpilih, KH Muhamad Balya Firjaun Barlaman (Gus Firjaun). Usai ditetapkan sebagai pemenang atau peraih suara terbanyak dalam pilkada Jember 2020, pihaknya akan segera melakukan koordinasi.

Persiapan untuk memberikan yang terbaik buat Kabupaten Jember ini, kata Gus Firjaun, harus dilakukan dengan sebaik mungkin. Dia mengibaratkan seperti orang mau membuka warung.

Sebelum buka, warung harus dipersiapkan, sehingga saat dibuka langsung rame pembeli. “Sehingga setelah pelantikan, harapan kami bisa langsung rame (langsung action). Mudah-mudahan, kami bisa membawa amanat dengan baik ke depan,” harapnya.

Upaya percepatan yang akan dilakukan nantinya, lanjut Gus Firjaun, diantaranya termasuk APBD. “Setelah kami dilantik, kita akan lakukan percepatan-percepatan, termasuk menyediakan payung hukum untuk APBD dan sebagainya. Sehingga kerjasama dengan semua pihak, termasuk dengan provinsi, ada payung hukumnya,” imbuhnya.(*).