Aksi Peduli NasDem: “Jangan Pernah Lelah untuk Kemanusiaan”

  • Whatsapp
Tim Kemanusiaan DPD Partai NasDem Jember dalam aksi kemanusiaan di Dusun Tenap, Desa Sucopangepok, Kecamatan Jelbuk, Minggu (07/02/2021).

Jember.LONTARNEWS.COM. Aksi kemanusiaan terus dilakukan DPD Partai NasDem. Setelah sebelumnya aksi peduli dilakukan untuk korban banjir di Kecamatan Tempurejo, Gumukmas, Puger, Bangsalsari, dan Kecamatan Kaliwates, kini kader partai besutan Surya Paloh itu melakukan aksi serupa untuk warga di Kecamatan Jelbuk. Warga yang diberi bantuan adalah korban tanah longsor.

Ada lima rumah penduduk yang menurut Pak Sulis, warga Dusun Tenap, Desa Sucopangepok, Kecamatan Jelbuk, tertimpa reruntuhan tanah longsor. Kondisi dari lima rumah warga yang malang ini nyaris rata dengan tanah.

Bacaan Lainnya

Tim Kemanusiaan DPD NasDem Jember yang berusaha menjangkau lokasi terjadinya longsor, harus berjibaku melintasi jalan terjal dan licin. “Tapi alhamdulillah kita bisa sampai walaupun jalannya licin,” ungkap H Bambang Hariyanto, Sekjen DPD Partai NasDem Jember.

Bantuan yang diberikan kepada korban bencana tanah longsor di lereng timur Gunung Argopuro itu, berupa sembako dan pakaian. “Bantuan itu berasal dari teman-teman NasDem dan para donatur. Kita turun bersama-sama ke lokasi bencana,” tambah Bambang yang juga Ketua Perkumpulan Guru Diniyah Nasional (PGDN) Kabupaten Jember itu.

Ketua DPD Partai NasDem, H Marsuki AG, dalam kaitan aksi kemanusiaan yang dilakukan kader dan simpatisan partai yang dipimpinnya, mengatakan, bahwa kegiatan itu bisa terlaksana karena adanya kesamaan rasa dan pandangan dari seluruh kader. Sehingga, ketika ada sesuatu yang butuh ditangani dan diselesaikan bersama, tinggal menghubungi lewat ponsel masing-masing.

“Walaupun tidak setiap hari, kita ini biasa kumpul, ngobrol, diskusi, ngopi bareng. Karena itu ketika ada apa-apa atau suatu rencana misalnya, gak sulit. Tinggal kontak, langsung jadi. Di NasDem itu orang-orangnya akrab,,” terangnya.

Begitu juga dengan kegiatan kemanusian yang kerap dilakukan kader NasDem, menurut Marsuki, berangkat dari pandangan yang sama, bahwa keberadaan suatu lembaga, terlebih partai politik haruslah mampu memberi manfaat kepada masyarakat. Oleh karenya, setiap ada masalah di masyarakat NasDem berusaha untuk ikut memberikan kontribusi penyelesaiaanya.

Ini bisa dilihat dari kiprah yang dilakukan kader Partai NasDem pada beberapa peristiwa bencana alam yang terjadi di Jember. Ketika terjadi bencana, kader Partai NasDem Jember, dipastikan akan turun ke lokasi untuk melakukan aksi kemanusiaan.

Aksi kemanusiaan yang diberikan adakalanya dalam bentuk pertolongan langsung kepada korban oleh badan otonom Partai NasDem, Barisan Reaksi Cepat (Baret), maupun bantuan dalam bentuk pemberian sembako, nasi bungkus serta pakaian bekas layak pakai kepada korban bencana. “Teman-teman memang kita ajak untuk selalu membantu saudara-saudara kita yang lagi tertimpa musibah. Kita punya semboyan “jangan pernah lelah untuk kemanusiaan,”jelasnya.

Makanya, ketika ada kabar di Kecamatan Jelbuk terjadi tanah longsor dan menghancurkan lima rumah penduduk, teman-teman langsung bergerak,” tambah H Marsuki AG, yang juga Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Jember itu. (*).

Pos terkait