Demi Kemajuan Koperasi, NasDem Akan Tindaklanjuti Masukan dari Dekopinda

Ketua Umum Dekopinda Kabupaten Jember, Edi Sudarso, bersama Ketua DPD Nasdem Jember, H Marsuki AG dan sejumlah pengurus dalam suatu acara silaturahmi di Kecamatan Umbulsari, Sabtu (20/02/2021)

Jember.LONTARNEWS.COM. Bak gayung bersambut, keinginan Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Jember, untuk memajukan perkoperasian di daerah berjuluk Kota Pandhalungan ini mendapat sambutan dari Partai Nasional Demokrat (NasDem) Jember. DPD Partai NasDem bahkan berjanji akan menyampaikan keinginan dan harapan Dekopinda itu kepada Bupati Jember.

Dekopinda sendiri sangat berharap, amanah UUD 1945 pasal 33 ayat 1, bahwa perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan, bisa diimplementasikan di Kabupaten Jember. Hanya saja, agar bisa maju, perlu adanya pendampingan terhadap koperasi yang ada.

Bacaan Lainnya

“Salah satu penentu koperasi bisa maju atau tidak, adalah sumber daya manusia. Karena itu SDM ini perlu dibentuk dan dioptimalkan melalui pendampingan,” ujar Edi Sudarso, Ketua Umum Dekopinda, Kabupaten Jember.

Menurut Edi, para pengelola koperasi tidak akan bisa berkembang tanpa adanya pendampingan dari pihak yang memang mumpuni di bidang koperasi. Oleh karenanya, pemberian pendampingan kepada para pengelola koperasi merupakan sebuah keharusan.

Sedang untuk pembangunan koperasi di Jember, menurut Edi kopontren harusnya mendapat perhatian penuh. Karena selain merupakan milik umat, potensi yang dimiliki kopontren juga luar biasa.

“Sementara selama ini pendampingannya tidak pernah ada. Sehingga kopontren kalau membuat laporan keuangan kesulitan. Karena keahliannya memang berbeda.

Oleh karenanya, demi kemajuan koperasi di Jember dekopinda menyatakan kesiapannya untuk memberikan pendampingan kepada kopontren. “Baik untuk tahun yang akan datang maupun tahun-tahun selanjutnya di bawah kepemimpinan Haji Hendy dan Gus Firjaun,” ucapnya.

Terhadap keinginan dan harapan Dekopinda ini, Ketua DPD Partai NasDem Jember, H Marsuki AG, menyatakan, sepenuhnya akan memberikan dukungannya. Bahkan masukan yang diterimanya dari beberapa koperasi, akan ditindaklanjutinya kepada pemangku kebijakan di Kabupaten Jember.

“Kita selaku partai mensuport dan mendukung penuh. Nanti kita sampaikan kepada beliaunya (bupati dan wakil bupati terpilih), sehingga program koperasi ini bisa masuk ke program beliau,” imbuhnya. (*).

Pos terkait