Bantu Kebutuhan Petani, Diskop dan Dekopinda Jember Akan Gerakkan Kembali KUD

Ketum Dekopinda, Edi Sudarso bersama Kadiskop UMKM Jember, Deddy Nurahmadi, saat mendampingi Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki, bersama Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro,Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) Jakarta, Supomo, dalam acara kunjungan ke PT Mitra Tani 27, Jember.

Jember.LONTARNEWS.COM. Di tahun 1980-an nama Koperasi Unit Desa (KUD) begitu akrab di telinga masyarakat, terutama di daerah perdesaan. Koperasi ini bergerak dalam bidang penyediaan kebutuhan masyarakat berkaitan dengan kegiatan pertanian.

Banyak kalangan berharap, koperasi ini bisa digerakkan kembali untuk membangkitkan ekonomi masyarakat perdesaan. “Yang harus kita garap di waktu yang akan datang, adalah KUD, karena sebagai basis kekuatan ekonomi paling strategis,” ujar Edi Sudarso, Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Jember.

Bacaan Lainnya

Nah, berkaitan dengan itu, bersama Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Kabupaten Jember, Dekopinda akan membuat program Revitalisasi KUD untuk Kesejahteraan Masyarakat Perdesaan. Menggerakkan kembali KUD, lanjut Edi sangatlah penting, mengingat keberadaannya, selain sebagai kekuatan ekonomi strategis, juga menguasai hajat hidup petani.

Ketum Dekopinda Jember, Eddy Sudarso (batik kuning) dalam acara RAT Koperasi Sumber Rejeki, Desa Cakru.

“Petani memerlukan pengadaan pupuk yang cukup di daerah masing-masing,” papar Edi, yang juga pengurus DPD Partai NasDem Jember.

Dalam rangka menggerakkan kembali KUD sekaligus menjadikan koperasi sebagai soko guru perekonomian, Edi menyatakan akan bergerak dengan sepenuh hati dan seikhlasnya. Program ini lanjut dia, sebagai bentuk dukungan terhadap program Pemkab Jember di bawah kepemimpinan Bupati Hendy Siswanto dan Wabup Gus Firjaun dalam upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Dengan kekuatan penuh dari pemerintah daerah, kita siap menyukseskan program bupati dan wakil bupati,” tambahnya. (*).

Pos terkait