Berharap Sukses Pertanian di Dukuh Dempok Juga Terjadi di Daerah Lain, Bupati Jember: “Petani Tidak Boleh Rugi”

Bupati Jember, Hendy Siswanto dan Wabup Jember, Muhammad Balya Firjaun Barlaman, dalam acara panen raya Agro Solution Pupuk Kaltim di Desa Dukuh Dempok, Kecamatan Wuluhan, Senin (29/03/2021).

Jember.LONTARNEWS.COM. Sukses budidaya tanaman padi yang dilaksanakan di Desa Dukuh Dempok, Kecamatan Wuluhan, diharapkan bisa dikembangkan ke daerah lain di Kabupaten Jember. Ini lantaran, cocok tanam padi yang dilakukan di desa ini mampu menghasilkan 10,1 ton gabah dalam setiap hektarnya.

“Sepanjang hidup saya baru tahu sekarang, ternyata panen padi di Jember hebat, satu hektar bisa 10,1 ton. Ini memakai agro solution dari pupuk Kaltim,” terang Bupati Jember, Hendy Siswanto, dalam acara panen raya Agro Solution Pupuk Kaltim di Desa Dukuh Dempok, Kecamatan Wuluhan, Senin (29/03/2021).

Bacaan Lainnya

Hasil panen berupa gabah yang langsung dipacking dan diterima pembeli ini, membuat petani untung, karena saat itu juga mendapat uang. Harga gabah hasil budidaya petani dibeli Rp 4 ribu per kilogram.

“Saya tanya tadi ke pak petani, petaninya ternyata sudah mendapat untung. Saya berharap, ini bisa terjadi di seluruh Kabupaten Jember. Jember ini lumbung padi nasional di Jawa Timur. Kesempatan yang ada di Dukuh Dempok bisa dikembangkan di daerah lain di Kabupaten Jember,” tandasnya.

Bupati yakin, hasil panen pada musim tanam kali ini surplus. Keyakinan bupati ini didasarkan atas keterangan yang disampaikan Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Dan Perkebunan Kabupaten Jember, Imam Darmadi, bahwa untuk panen di Jember surplus.

“Kemarin saya dari kepala dinas pertanian dan hortikultura, kita surplus 200 ribu ton. Kami berharap dengan hasil panen yang melimpah ini harga juga bisa mengikuti, sehingga petani tidak boleh rugi,” jelasnya.

Sementara terkait dengan ketersediaan pupuk, bupati menjamin aman dan pemerintah daerah juga akan selalu mengupayakannya. “Inshaa Allah tahun ini kami mensuport. Soal alsintan kami sudah ketemu menteri, dan akan membantu kebutuhan alsintan,” tambahnya. (*).

Pos terkait