Tindaklanjuti Pengaduan Warga, Dinsos Bantu Janda Buta yang Tinggal Hanya Bersama Anaknya yang ODGJ

Ibu Sakdumi, perempuan buta dari Dusun Gendir Desa Klungkung Kecamatan Sukorambi, yang tinggal bersama anaknya yang ODGJ tidak pernah mendapat bantuan sosial

Jember.LONTARNEWS.COM. Dinas Sosial, Pemkab Jember, akhirnya mengambil inisiatif untuk turun langsung lapangan guna menindaklanjuti pengaduan warga atas keberadaan seorang wanita buta yang tidak pernah menerima Bantuan Sosial. Ibu buta yang tinggal di Dusun Gendir Desa Klungkung Kecamatan Sukorambi itu tidak pernah menerima bantuan sosial, karena belum pernah dilakukan perekaman e-ktp atas dirinya.

“Pada hari Jumat, tanggal 7 Mei 2021 kemarin, kami dari dinas sosial telah mengambil langkah untuk memfasilitasi yang bersangkutan dalam pengurusan KK dan KTP elektronik ke Kantor Dispendukcapil Kabupaten Jember,” jelas Widi Prasetyo, Plt Kepala Dinas Sosial, Jember.

Setelah memperoleh KK dan KTP, janda tua buta bernama Sakdumi itu langsung diantar pulang kerumahnya. “Bantuan yang dapat kami berikan, yaitu mendaftarkan Jaminan Kesehatan beliau dan anaknya yang ODGJ (orang dengan gangguan jiwa),” ungkapnya.

Bantuan lain yang juga diberikan kepada perempuan tersebut, lanjut Widi, yakni berupa kasur lipat, selimut, makanan cepat saji dan biskuit yang diambil dari stok bahan makanan pada Gudang Pusdalop Tagana. Hanya saja, mengingat yang bersangkutan hanya tinggal berdua bersama anaknya yang dalam kondisi ODGJ, menurut Widi, perlu adanya perhatian khusus, utamanya dari pemerintah desa atau kecamatan.

“Selama ini yang bersangkutan mengurus anaknya sendiri (memasak makanan dalam kondisi keterbatasan penglihatan/buta),” tambahnya. (dna).