Targetkan PAD 2,5 Trilliun, Bupati Jember Minta OPD Jeli Melihat Potensi yang Ada

Rapat koordinasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) di Aula Pendopo Wahya Wibawagraha, Kamis (20/05/2021).

Jember.LONTARNEWS.COM. Banyak yang bisa dilakukan Pemerintah Kabupaten Jember dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) nya. Jember memiliki banyak potensi yang apabila dikembangkan dan dikelola dengan baik, akan mampu mendatangkan pendapatan besar bagi daerah.

Kondisi riil atas kekayaan potensi daerah ini disadari betul oleh Bupati Jember, Hendy Siswanto. Karena itu dalam jangka panjang, Bupati Hendy berharap PAD Jember bisa 2,5 trilliun.

Bacaan Lainnya

Kenaikan target perolehan PAD hingga sebesar Rp 2,5 T dari tahun sebelumnya yang hanya sekitar Rp 700 milliar itu ditekankan kepada seluruh OPD. Seluruh OPD, utamanya yang berpotensi mendatangkan pendapatan, diminta untuk terus berupaya meningkatkan PAD Kabupaten Jember.

Menurut bupati, nilai PAD sebesat itu sangat masuk akal, mengingat masih banyak potensi pemasukan yang belum digarap dengan maksimal. “Contohnya obat-obatan itu potensinya besar untuk pemasukan PAD bagi Jember dan banyak lagi lainnya,” ungkap Bupati Hendy, dalam rapat koordinasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) di Aula Pendopo Wahya Wibawagraha, Kamis (20/05/2021).

Tak hanya itu, potensi lain yang cukup menjanjikan untuk peningkatan PAD, bisa diperoleh dari sektor perdagangan, pariwisata dan sebagainya. Khusus untuk sektot pariwisata, perlu penanganan yang lebih serius.

Selama ini, kepariwisataan di Kabupaten Jember terkesan tidak digarap dengan serius. Kalaupun ada penanganan, hanya dilakukan sekadarnya.

Sehingga, hasil yang didapat dari sektor ini tidak terlalu siginifikan dalam meningkatkan PAD Kabupaten Jember. “Makanya OPD harus jeli terhadap potensi bagi PAD ” pintanya. (dna).

Pos terkait