Demi Pemberdayaan Masyarakat dan Terwujudnya Kemandirian Desa, Penggunaan Anggaran Harus Lebih Dimaksimalkan

  • Whatsapp
Bupati Jember, Hendy Siswanto, didampingi Plt. Kepala Dinsos, Plt. Kepala Bakesbangpol, Plt. Kepala DP3AKB, Plt. Kepala Bappeda, Plt. Kepala Dinkes, Plt. Kabag Tapem, mengikuti arahan Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhanas RI) secara virtual, di Pendopo Wahya Wibawagraha, Kamis (10/06/2021).

Jember.LONTARNEWS.COM. Ada beberapa poin penting yang harus menjadi perhatian organisasi perangkat daerah (OPD) dalam kaitan pembangunan di perdesaan. Sesuai arahan Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhanas RI), OPD harus mampu mendorong desa untuk memaksimalkan penggunaan anggaran demi terwujudnya kemandirian desa.

“Dengan berdaya secara ekonomi, banyak hal positif yang dapat dilakukan untuk sejahterakan masyarakat,” ujar Bupati Jember, Hendy Siswanto, usai mengikuti arahan Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhanas RI) secara virtual, di Pendopo Wahya Wibawagraha, Kamis (10/06/2021).

Bacaan Lainnya

Selain dituntut untuk mandiri, desa juga diminta lebih aktif melakukan pemberdayaan masyarakat dan perempuan. Ini perlu dilakukan, mengingat peran serta perempuan dalam aktifitas kemasyarakatan masih terbilang rendah.

“Kami juga tidak mendukung atas kebijakan diskriminasi yang mengatasnamakan otonomi daerah,” tegas bupati pada acara yang diikuti Plt. Kepala Dinsos, Plt. Kepala Bakesbangpol, Plt. Kepala DP3AKB, Plt. Kepala Bappeda, Plt. Kepala Dinkes, Plt. Kabag Tapem itu.

Bupati meminta OPD terkait berkomitmen melaksanakan arahan Lemhanas. Ini utamanya berkait dengan masih banyaknya perkawinan dini yang terjadi di kalangan masyarakat perdesaan.

Demikian juga dengan pengembangan infrastruktur yang merupakan poin penting bagi pemerintahan Bupati Hendy Siswanto dan Wakil Bupati MB Firjaun Barlaman, harus dilaksanakan dengan sebaik mungkin. Sehingga harapan akan terwujudnya pembangunan ekonomi Jember bisa diraih sebagaimana yang diharapkan bersama.(dna).

Pos terkait