Jalin Kerjasama dengan OK OCE, Upaya Pemkab Jember untuk Mendorong Pelaku UMKM Agar Berhasil dan Naik Kelas

  • Whatsapp
Penandatanganan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Jember oleh Bupati Hendy Siswanto dengan One Kecamatan, One Center of Entrepreneurship (OK OCE) oleh Ketua Umum OK OCE, Iim Rusyamsi, di Kota Mojokerto, Selasa (12/06/2021).

Jember.LONTARNEWS.COM. Berbagai upaya dilakukan Bupati Jember, Hendy Siswanto, untuk menggairahkan sektor ekonomi kerakyatan. Salah satu langkah yang dilakukan, yakni menjalin kerjasama dengan gerakan OK OCE (One Kecamatan, One Center of Entrepreneurship).

OK OCE merupakan gerakan mendorong penciptaan wirausaha baru yang didirikan Sandiaga Uno. Gerakan ini membangun pusat kewirausahaan di tingkat kecamatan untuk memperkuat produk-produk UMKM, serta menciptakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya dengan mengutamakan tenaga kerja lokal.

Bacaan Lainnya

Penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara kedua belah pihak, masing-masing dilakukan oleh Ir H Hendy Siswanto, sebagai Bupati Jember dan Iim Rusyamsi sebagai Ketua Umum OK OCE. Ikut juga menyaksikan acara penandatanganan itu, yakni Ketua OK OCE Syariah Adil Makmur, Reny Widya Lestari.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, yang bergabung dalam acara daring itu, mengungkapkan rasa senang dan bangganya terhadap Jember. senang dan bangga pada Kabupaten Jember. Jember di benak Sandiaga Uno, merupakan sebuah daerah dengan masyarakatnya yang kaya akan kreatifitas.

“Ingat Jember ingat ekonomi kreatif. Ingat Jember, ingat JFC dengan busana yang iconic,” kata Sandiaga di layar monitor, pada acara penandatanganan kerjasama antara Pemkab Jember dengan OK OCE, di Kota Mojokerto, Sabtu (12/06/2021).

Menparekraf juga menyatakan dukungannya atas upaya Kabupaten Jember untuk menumbuhkan ekonomi kreatif. “Kita mendorong ekonomi kreatif dan pariwisata. Kita tingkatkan partisipasi masyarakat khususnya dalam menciptakan lapangan pekerjaan. Saya percaya kepada Pak Hendy yang punya daya kreasi tinggi,” ujar Menteri Sandiaga Uno.

Di lain pihak, Bupati Jember, Hendy Siswanto, menyatakan, Kabupaten Jember perlu sentuhan dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan 467.416 UMKM yang ada di Jember. Sentuhan yang diharapkan dari kemenparekraf, bisa dalam bentuk bantuan hibah. “Kalau ada bantuan, entah apapun itu, mohon disalurkan ke Jember,” harap Bupati Jember, Hendy Siswanto, kepada Menteri Sandiaga Uno, melalui layar monitor virtual dalam acara yang juga diikuti sejumlah pejabat, di aula bawah Gedung Pemkab Jember.(dna).

Pos terkait