Ringankan Beban Warga yang Menjalani Isoman, Bupati Jember Keluarkan Beras Cadangan yang Tersimpan di Bulog

  • Whatsapp
Didampingi Wabup MB Firjaun Barlaman, Bupati Jember, Hendy Siswanto, menyerahkan bantuan beras kepada warga yang terdampak pandemi Covid-19, di Perumahan Griya Mangli, Senin (12/07/2021).

Jember.LONTARNEWS.COM. Guna membantu masyarakat yang terdampak Covid-19, Bupati Jember, Hendy Siswanto, akhirnya mengeluarkan beras cadangan pemerintah yang tersimpan di Bulog Cabang Jember. Beras tersebut diantaranya dibagikan kepada warga yang tengah menjalani isolasi mandiri (isoman) dampak dari semakin meluasnya pandemi Covid-19.

“Per orang mendapatkan beras empat ratus gram perhari selama empat belas hari kedepan,”kata Bupati Hendy, dalam acara pemberian bantuan kepada warga isoman di Perumahan Griya Mangli, Kecamatan Mangli, Senin (12/07/2021).

Bacaan Lainnya

Pemberian bantuan beras ini, kata bupati, sebagai bentuk kewajiban dari pemerintah untuk meringankan beban warganya akibat terdampak Covid-19. Bantuan yang diberikan ini, dalam setiap keluarga besarannya berbeda antara yang satu dengan lainnya.

Semakin banyak anggota keluarga dalam satu kepala keluarga, maka semakin banyak pula bantuan yang diterima. “Jika anggota keluarga ada 5 orang, maka akan mendapat 28 kilogram beras,” ungkap Bupati Hendy, yang pada acara itu didampingi Wabup Muhammad Balya Firjaun Barlaman, Camat Kaliwates, Bambang Saputro dan Lurah Mangli beserta jajaran.

Kalangan lain yang menjadi titik perhatian pemberian bantuan dari Pemkab Jember, adalah mereka yang menyandarkan pendapatannya dari menjadi karyawan pada pedagang kaki lima. “Yang kita beri karyawannya. Kalau yang punya PKL sudah mampu,” tukas bupati.

Bantuan yang diberikan kepada warga terdampak pandemi Covid-19, khususnya yang tengah menjalani isolasi mandiri, lanjut bupati, selain berasal dari Cadangan Beras Pemerintah (CBP), juga dari Bantuan Tak Terduga (BTT) dan Dinas Sosial. CBP milik Pemkab Jember yang disimpan di gudang Bulog Cabang Jember, sebanyak kurang lebih 100 ton.

Beras simpanan milik Pemkab Jember tersebut baru kali pertama dikeluarkan untuk masyarakat, sejak Ir H Hendy Siswanto menjabat sebagai Bupati Jember. Sedang dana BTT Covid-19 penggunaannya selain untuk bantuan dalam bentuk beras, juga diperuntukkan bagi catering untuk lansia.(dna).

Pos terkait