Rayakan Idul Adha, Jajaran Partai NasDem dari Pusat Sampai Daerah Serahkan Hewan Qurban

  • Whatsapp
Ketua DPD Partai NasDem Jember, H Marsuki AG, siap menyerahkan hewan qurban dari DPP Partai NasDem, yang akan disembelih.

Jember.LONTARNEWS.COM. Tidak ingin dikatakan hanya berbuat saat menjelang digelarnya pemilihan, baik pilpres, pilkada maupun pemilihan anggota legislatif, jajaran Partai NasDem serentak secara bersamaan, mengeluarkan hewan qurban untuk disembelih setelah sholat Idul Adha. Kegiatan kader dan Partai NasDem ini, sebenarnya bukan sesuatu yang baru atau hanya ikutan semata.

Karena jauh sebelum Idul Adha, partai politik besutan Surya Paloh ini juga sudah kerap menggelar kegiatan sosial kemanusiaan. Itu bisa dilihat saat terjadinya banjir bandang di beberpa daerah di Jember, DPD Partai NasDem Jember, mengambil peran dalam bentuk aksi kemanusiaan dengan memberikan bantuan sembako dan baju layak pakai kepada korban banjir.

Bacaan Lainnya

Begitupun saat munculnya pandemi Covid-19, Partai NasDem menggelar beberapa kegiatan, mulai dari penyemprotan desinfektan, sampai pembagian sembako dan masker. “Sebenarnya ini biasa-biasa aja, kita melakukan semua ini kan hanya ingin, bagaimana keberadaan kita bisa memberi manfaat pada orang lain. Karena sebaik-baik manusia adalah yang memberi manfaat pada yang lain,” kata H Marsuki AG, Ketua DPD NasDem Jember, Selasa (20/07/2021).

Oleh karenanya, bersamaan dengan datangnya hari raya Idul Adha, jajaran Partai NasDem mulai dari pusat sampai daerah, mengeluarkan hewan qurban. Total hewan qurban yang diserahkan DPD Partai Nasdem Jember untuk disembelih pada hari raya Idul Fitri 1442 H tahun ini sebanyak 16 ekor.

Hewan qurban tersebut ada yang diserahkan ke musholla, masjd dan pesantren. “Hewan qurban yang diserahkan DPD NasDem tahun ini sebanyak 16 ekor. Terdiri dari 6 ekor sapi dan 10 ekor kambing,” papar H. Marzuki.

Bahkan salah satu anggota DPRD Jember dari Fraksi NasDem, Retno Asih, menyerahkan 1 ekor sapi dan 3 ekor kambing untuk diqurbankan. “Memang partai mengimbau agar kita mengeluarkan hewan qurban sebagaimana ditekankan oleh agama. Tahun ini kita berqurban 1 ekor sapi dan 3 ekor kambing,” sahut Retno Asih.

Penyerahan hewan ternak untuk sembelihan qurban ini, lanjut Retno, selain karena menjalankan tuntunan agama, juga sebagai pembelajaran agar selalu ikhlas dalam setiap
tindakan. “Kita ini disuruh untuk selalu ikhlas dalam setiap tindakan. Karena kalau sudah ikhlas, inshaa Allah semuanya akan berjalan baik dan memberi manfaat kepada orang lain,” tuturnya.

Sementara mengenai penyerahan hewan qurban di kalangan keluarga besar Partai NasDem, dari Ketua Umum DPP NasDem, Surya Paloh, diserahkan 1 ekor sapi limousin untuk diqurban. Sapi berbobot 500 kilogram ini, rencananya akan disembelih di halaman Kantor DPD NasDem Jember.

Satu lagi hewan qurban yang juga akan diserahkan DPD Partai NasDem untuk disembelih pada hari raya Idul Adha tahun ini. Hewan qurban berupa satu ekor sapi bobotnya tidak berbeda jauh dengan sapi dari Surya Paloh, itu berasal dari Menteri Yasin Limpo.

“Untuk penerima hewan qurban, kami akan membagikan ke komunitas disabilitas, jamaah semaan Al Quran, dhuafa dan para janda, ada sekitar 500 lebih warga yang sudah kami data. Penyalurannya pun akan kami antar ke masing masing penerima, ini untuk menghindari adanya kerumunan,” jelas KH Syaiful Rizal (Gus Syaif), Pengasuh Lembaga Rumah Indah Sehat (RIS) Ar Rafi’ie Kelurahan Baratan, Patrang, Jember. (jon).

Pos terkait