Vaksinasi Covid-19 DPD NasDem Jember, Warga Lebih Pilih Sinovac

  • Whatsapp
Vaksinasi Covid-19 DPD NasDem Jember, di Pondok Pesantren Nurul Islah, Wonoroto, Umbulsari, Jember. Senin (30/08/2021).

Jember.LONTARNEWS.COM. Hari ketiga vaksinasi Covid-19, DPD Partai NasDem Jember, melakukan kegiatan yang sama di Desa Wonoroto, Kecamatan Umbulsari. Vpaksinasi Covid-19 oleh DPD NasDem Jember di daerah ini merupakan kelanjutan dari kegiatan yang sama di Ponpes Ngasor, Gumuk Mas dan Kantor DPD NasDem di Jalan Brawijaya, Jubung, Jember.

“Vaksin ini kan sebagai ikhtiar kita dalam memerangi virus Covid-19 dan menciptakan herd immunity kepada masyarakat. Kami dari DPD NasDem merasa ikut bertanggung jawab dan terpanggil untuk membantu mewujudkan herd immunity tersebut,” ujar H. Marsuki AG, Ketua DPD NasDem Jember, dalam acara vaksinasi di Pondok Pesantren Nurul Islah, Wonoroto, Umbulsari, Jember. Senin (30/08/2021).

Bacaan Lainnya

NasDem memilih menggunakan CoronaVac, vaksin Covid-19 yang dikembangkan perusahaan biofarmasi Tiongkok, Sinovac. Dipilihnya vaksin sinovac ini, karena lebih banyak disukai masyarakat.

Vaksin ini bisa digunakan untuk anak usia 12 tahun ke atas. “DPW NasDem sendiri menyiapkan 25 ribu dosis vaksin untuk Jawa Timur, dan DPD Jember kebagian 3000 dosis,”

Jatah 3000 dosis vaksin yang diterima DPD NasDem Jember ini dibagi di beberapa titik. “Hari ini 700 dosis di dua titik, sebelumnya juga sudah kita lakukan di dua titik, dan vaksinasi ini akan kami lakukan sampai 5 September mendatang,” jelas Marsuki.

Kecenderungan masyarakat memilih sinovac untuk vaksin Covid-19, karena dinilai lebih aman dibanding vaksin lainnya. Seperti diakui Jamilah, warga setempat. Ia mengaku ikut vaksin lewat DPD NasDem, karena tahu vaksin yang digunakan sinovac.

“Sebenarnya saya tidak tahu banyak soal vaksin, yang saya tahu, vaksin sinovac lebih aman, makanya saya ikut vaksin hari ini. Kapan hari ada vaksin juga, tapi saya gak minat, karena vaksin yang dipakai bukan sinovac,” aku ibu rumah tangga itu.

Hal yang sama juga disampaikan Irma, peserta vaksinasi yang tinggal di daerah tersebut. Ibu muda ini lebih memilih sinovac, setelah mendapat informasi dari banyak sumber, bahwa vaksin ini lebih memberikan rasa aman, dibanding yang lain.

“Awalnya memang takut, tapi demi kesehatan, saya harus mencari informasi di internet jenis-jenis vaksin, dan saya melihat vaksin Sinovac lebih aman, makanya saya ikut vaksin hari ini,” terang Irma.

Sementara mengenai kegiatan vaksinasi yang digelar DPD NasDem Jember, Marsuki menambahkan, bahwa itu merupakan bentuk upaya membantu pemerintah dalam mewujudkan kekebalan kelompok (herd community). Selain juga untuk membantu mengurangi resiko yang lebih fatal akibat terpapar virus corona.

Namun begitu dipesankan, sekalipun sudah melakukan vaksinasi, sebaiknya tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. Pesan itu disampaikan, karena tidak ada jaminan, mereka yang sudah mengikuti vaksin sudah terbebas dari penularan.

Hanya saja bagi mereka yang mengikuti vaksinasi kalaupun tertular virus corona akibat yang ditimbulkan kemungkinannya tidak terlalu berat. “Kami mengimbau agar warga tetap menerapkan protokol kesehatan, meskipun sudah ikut vaksin. Karena meski sudah vaksin, tidak ada jaminan sepenuhnya terbebas dari penularan COVID-19. Jadi tetap jaga kesehatan,” pesannya. (jon).

Pos terkait