Ketua DPD NasDem Jember, Agar Petani Lebih Bergairah Menanam Kedele, Pemerintah Harus Mau Membeli Kedele

  • Whatsapp
Ketua DPD NasDem Jember, H Marsuki AG, dalam acara Bimbingan Teknis Tanaman Pangan oleh Kementrian Pertanian, yang difasilitasi anggota DPR RI, H Charles Mekiansyah, di Hotel Meotel, Rabu (15/09/2021).

Jember.LONTARNEWS.COM.
Produksi kedele yang sejak beberapa tahun belakangan mengalami penurunan, salah satu penyebabnya karena minat petani untuk menanam komoditas ini jauh menurun. Petani tidak lagi melihat tanaman kedele sebagai komoditi yang bisa memberikan keuntungan, karena harganya di pasaran rendah.

“Dulu kita (Jember,red) menjadi pemasok kedele terbesar nasional, sampai 42 persen. Sekarang malah sangat lesu,” ucap H Marsuki, Ketua DPD NasDem Jember, usai acara Bimbingan Teknik Tanaman Pangan, di Hotel Meotel, Rabu (15/09/2021).

Bacaan Lainnya

Predikat sebagai penghasil komoditi kedele terbesar nasional yang pernah disandang Jember ini, lanjut Marsuki, bisa saja dikembalikan seperti semula. Tapi itu pun harus ada jaminan, pemerintah berani membeli hasil produksi kedele petani dengan harga yang baik.

“Kalau pemerintah mau membeli kedele petani, ya semacam Bulog gitu, saya yakin petani akan lebih bergairah untuk menanam kedele. Kalau tidak, jelas petani gak mau menekuni budidaya kedele dan lebih memilih komoditas lain yang dianggap menguntungkan,” jelasnya.

Selain meminta jaminan kepada pemerintah untuk membeli kedele yang dihasilkan petani, upaya untuk meningkatkan produksi kedele, lanjut Marsuki, harus diikuti dengan pemberian pendampingan dan penyuluhan kepada petani, utamanya yang menanam kedele.

“Ini sudah lama tidak ada pendampingan dan penyuluhan kepada petani. Makanya, kalau sektor pertanian ingin kembali berjaya, pendampingan dan penyuluhan harus diadakan lagi,” sarannya.

Sementara berkaitan dengan bimtek yang digelar Kementrian Pertanian, Marzuki mengaku sangat senang, karena kader NasDem yang menjadi peserta dalam acara itu, bisa menambah pengetahuannya soal pertanian. Menurut dia, hampir 70 persen kader NasDem Jember mempunyai latar belakang petani.

“Kita terima kasih kepada kementrian pertanian yang sangat perhatian kepada petani, utamanya petani kedele, yang telah mengadakan bimtek yang dijembatani oleh anggota DPR RI, H Charles Mekiansyah,” ucapnya.

Kepada kader NasDem yang menjadi.peserta bimtek, Marsuki berpesan, ilmu yang diperoleh dari acara itu tidak hanya dipendam sendiri, tapi ditularkan kepada masyarakat atau petani lainnya. Kalau ini bisa dilakukan, Marsuki yakin, Jember akan kembali menyandang predikat sebagai daerah penghasil kedele terbesar di Jawa Timur, bahkan nasional. (jon).

Pos terkait