Sambut Ultah NasDem, DPD NasDem Jember Berikan Bantuan Alsintan kepada Kelompok Tani

Penyerahan bantuan alsintan oleh Ketua DPD NasDem Jember, H Marsuki AG, kepada kelompok tani di Kantor DPD NasDem Jember, Kamis (28/10/2021)

Jember.LONTARNEWS.COM. Dalam rangka menyambut HUT Partai NasDem ke 10, yang jatuh pada tanggal 11 Nopember, DPD Partai NasDem Jember, memberikan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) kepada petani di Kabupaten Jember. Bantuan yang diserahkan melalui kelompok tani (poktan) dan gabungan kelompok tani (gapoktan) ini, sebagai upaya untuk membantu kegiatan petani sekaligus meningkatkan produktifitas hasil pertanian.

“Bantuan tidak hanya ini, banyak bantuan-bantuan lain yang bisa didapat petani untuk meningkatkan produktifitas dan meringankan beban kerja petani,” ujar H Marsuki AG, Ketua DPD NasDem Jember, dalam acara penyerahan bantuan alsintan kepada petani di Kantor DPD NasDem Jember, Kamis (28/10/2021).

Bacaan Lainnya

Hanya saja untuk mendapatkan bantuan tersebut, petani diminta untuk mengajukan permohonan kepada DPD NasDem Jember. Dengan begitu, DPD NasDem tahu persis apa yang dikeluhkan dan dibutuhkan petani.

“Nanti kita kawal usulan yang disampaikan petani. Inshaa Allah, apa yang dibutuhkan petani bisa kita realisasikan,” tandasnya.

Marsuki berpesan, apa yang sudah didapat oleh petani hendaknya dimanfaatkan dengan baik. Sehingga pekerjaan yang selama ini dilakukan secara manual bisa diganti dengan mesin.

Bantuan alsintan yang diterima petani ini dengan sendirinya akan meringankan kerja sekaligus meningkatkan produktifitas pertanian. “Tapi saya berpesan, bantuan ini jangan sampai dipindahtangankan. Bantuan ini untuk meringankan kerja sampean semua,” jelasnya.

A.Djumaari, Ketua Gapoktan Desa Randuagung, Kecamatan Sumberjambe.

Sementara atas diberikannya bantuan alsintan oleh DPD NasDem Jember kepada petani, Ketua Gapoktan dari Desa Randuagung, Kecamatan Sumberjambe, A. Djumaari, mengaku sangat senang, karena ini bisa membantu kepentingan petani dalam menjalankan usaha budidaya pertaniannya. Itu utamanya terkait pemenuhan kebutuhan air untuk kegiatan bercocok tanam.

“Saya dapat bantuan pompa. Bantuan ini sangat positif sekali buat anggota poktan. Karena ini bisa membantu pengairan non teknis,” akunya.

Dia berharap, setelah diberikannya bantuan berupa alsintan, ada bantuan lain yang bisa dimanfaatkan petani. “Bantuan itu bisa dalam bentuk benih padi atau jagung,” harapnya.

Untuk diketahui, bantuan alsintan yang diberikan DPD NasDem kepada petani berupa hand tractor, tractor, cultivator diesel, pompa air, sprayer electric. (jon).

Pos terkait