Fraksi NasDem Usulkan Perda Madrasah Takmiliyah

  • Whatsapp
Dedi Dwi Setyawan, Wakil Ketua DPRD Jember dari Fraksi NasDem

Jember.LONTARNEWS.COM. Sebagai pendidikan keagamaan Islam non formal yang mampu membentuk karakter dan kepribadian anak bangsa, sudah sepatutnyalah proses pembelajaran takmiliyah mendapat perlindungan dari sebuah regulasi. Berangkat dari pemikiran itu, Fraksi NasDem DPRD Jember, mengusulkan untuk dibuatnya peraturan daerah (Perda) terkait pendidikan takmiliyah.

Menurut Dedi Dwi Setyawan, usul yang disampaikan Fraksi NasDem terkait perlunya perda untuk madrasah takmiliyah, ini terinspirasi dari para guru ngaji yang perannya dalam ikut mencerdaskan bangsa dan pembentukan akhlak generasi muda sangat besar. “Selain itu di Jember juga belum ada perda madrasah takmiliyah ini,” ujar legislator Fraksi NasDem yang juga Wakil Ketua DPRD Jember itu.

Bacaan Lainnya

Perda madrasah takmiliyah ini lanjut Dedi, sangat diperlukan sebagai upaya untuk memberdayakan keberadaan pendidikan non formal tersebut. Mengingat, madrasah diniyah takmiliyah merupakan proses pembelajaran untuk menggali nilai-nilai keagamaan, dan moral islami.

Kegiatan pembelajaran ini diselenggarakan untuk melengkapi, memperkaya, memperdalam pendidikan agama Islam pada sekolah dasar dan menengah. “Pengelolaan pendidikan agama Islam yang baik memerlukan perangkat yang memadai, terencana, dan terkoordinasi,” lanjutnya.

Dengan perangkat yang memadai setidaknya Madrasah Diniyah Takmiliyah akan mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas. “Ini untuk menunjang kemampuan dasar keagamaan masyarakat dan siswa muslim pada lembaga pendidikan lainnya,” tambahnya. (dna).

Pos terkait