Sarasehan Peran Pemuda di Era Digitalisasi, Penggunaan Media Sosial Bergantung Bagaimana Cara Memanfaatkannya

Sarasehan Bersama DPRD Jawa Timur di Aula Hotel Bandung Permai, Sabtu (27/11/2021).

Jember.LONTARNEWS.COM. Memahami atau paling tidak mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di era digitalisasi menjadi sebuah keniscayaan. Karena jika tidak, maka sangat mungkin seseorang atau siapapun akan banyak ketinggalan beragam informasi terkait banyak hal.

Sebab itu, merupakan sebuah keharusan bagi siapa saja untuk mau beradaptasi terhadap perkembangan teknologi informasi digital yang saat ini sudah merambah hampir di semua sektor kehidupan. “Makanya kita undang semua anggota, dan kita adakan kegiatan sarasehan peran pemuda terkait dengan era digitalisasi,” ujar Deni Prasetya, anggota DPRD Jawa Timur, di sela kegiatan sarasehan di Aula Hotel Bandung Permai, Jember, Sabtu (27/11/2021).

Bacaan Lainnya

Kalangan muda sengaja dipilih sebagai peserta utama dalam kegiatan ini, karena dari merekalah diharapkan terjadinya suatu perubahan. “Begitu pentingnya di jaman modern ini, bahwa sekarang tidak lepas dari yang namanya alat komunikasi seperti gadget,” ucap Deni, legislator Partai NasDem dari daerah pemilihan (Dapil) Jember dan Lumajang itu.

Dikatakan Deni, saat ini, seiring kemajuan jaman, teknologi digital menjadi sebuah kebutuhan. Karena itu, siapapun, termasuk kader partai politik harus mau beradaptasi terhadap perkembangan digitalisasi tersebut.

Karena hanya dengan cara itu segala informasi bisa dipahami sekaligus ditangkap. “Kegiatan seperti (sarasehan), ini sangat dibutuhkan dan perlu dilakukan secara berkelanjutan terus,” tandasnya.

Sementara H Marsuki AG, yang bertindak sebagai narasumber dalam acara itu menambahkan, bahwa kegiatan sarasehan dengan menjadikan kalangan muda sebagai peserta utama, dinilainya sebagai langkah yang tepat. Mengingat kalangan muda merupakan generasi penerus yang akan melanjutkan tongkat estafet pada kehidupan yang akan datang.

Pemuda menurut Marsuki, sejak dini harus membekali diri dengan pengetahuan dan kemampuam guna meneruskan kepemimpinan pada strata dan bidang apapun. Mengingat, pada kurun waktu lima atau sepuluh ke depan, dipastikan para generasi tua akan melepas tugas-tugasnya untuk diserahkan kepada generasi pengganti yang lebih muda.

Dikatakan, bahwa mereka yang saat ini sebagai pemuda, pada lima, sepuluh atau lima belas tahun ke depan, akan menjadi tumpuan bangsa. Pemuda akan berperan penting dalam proses pembangunan bangsa.

Oleh karenanya, di era digital ini masyarakat khususnya pemuda haruslah berupaya untuk menyiapkan diri dengan cara menimba ilmu dan meningkatkan kemampuan dalam segala bidang. Era digitalisasi sebagaimana dijalani saat inu memberi kesempatan seluas-luasnya kepada pemuda kreatif untuk berkembang.

“Maraknya media sosial yang terjadi saat ini memberi kesempatan kepada kita untuk maju, meski juga banyak godaan. Tapi semua tergantung cara kita memanfaatkannya” tambah Marsuki, yang juga Ketua DPD Partai NasDem Jember itu. (dna).

Pos terkait