Siapkan Trauma Healing, NasDem Akan Terus Kucurkan Bantuan untuk Korban Semeru Tanpa Batas Waktu

Jajaran pimpinan Partai NasDem yang terdiri dari Ketua DPD NasDem.Lumajang, H Charles Mekiansyah, Ketua DPD NasDem Jember, H Marsuki AG dan Ketua DPW NasDem Jatim, Sri Sajekti, membahas rencana dan persiapan penyaluran bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru, di Kantor DPD NasDem Lumajang, Minggu (05/12/2021).

Lumajang.LONTARNEWS.COM. Kepedulian atas nasib sesama yang tertimpa musibah erupsi Gunung Semeru, ditunjukkan jajaran Partai NasDem. Itu terlihat, sejak hari pertama terjadinya bencana, pada hari Sabtu, 4 Desember 2021, jajaran pengurus DPD NasDem Lumajang dan Jember, langsung bergerak mendatangi tempat penampungan pengungsi yang ada di Balai Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro.

Setelah terjadi bencana erupsi Gunung Semeru yang mengakibatkan tewasnya 14 warga, pada sekira pukul 14.30 wib, jajaran pengurus DPD NasDem Lumajang dan Jember, langsung bergerak menuju ke tempat pengungsian. Sekira pukul 22.30, rombongan pengurus DPD NasDem Lumajang dan Jember dengan membawa bantuan beras, telur, mie instan, dan lainnya, sudah tiba di Balai Desa Sumbermujur.

Bacaan Lainnya

Pemberian bantuan untuk korban Semeru ini rencananya akan terus dilakukan tanpa dibatasi waktu. Bantuan baru akan diakhiri sekiranya sudah dirasa cukup.

“Kalau itu dirasa cukup satu bulan, kami akan melakukan satu bulan. Kalau diperlukan sampai berbulan-bulan, atas nama masyarakat Kabupaten Lumajang, dengan segala hal yang kami miliki, dengan keterbatasan dan lain-lain, kami akan terus berbuat. Tidak terbatas waktu,” ujar H Charles Mekiansyah, Ketua DPD NasDem Lumajang, Minggu (05/12/2021).

Ungkapan yang disampaikan anggota DPR RI dari dapil 4 Jatim (Lumajang dan Jember) ini, didasarkan atas sikap dan kepedulian yang ditunjukkan jajaran pengurus NasDem, baik di tingkat pusat, wilayah dan daerah. Para pengurus NasDem menurut Charles, merasa memiliki kewajiban untuk melakukan sesuatu demi membantu mereka yang tengah tertimpa musibah.

“Kami dapat keyakinan penuh, baik dari DPP maupun DPW, bahwa ini hal wajib dilakukan oleh pengurus. Baik yang ada di Kabupaten Lumajang dengan dibantu Kabupaten Jember,” tandasnya.

Semangat dalam memberikan bantuan atas musibah yang dialami masyarakat Lumajang ini, lanjutnya, tidak hanya dari kalangan pengurus DPP dan DPW Jawa Timur maupun Fraksi NasDem saja. DPW NasDem di luar Jawa Timur yang ada di Pulau Jawa, bahkan juga luar Jawa memberi empati yang sama.

“Malahan sampai ke dpw sekitar di Jawa ini (luar Jawa Timur), bahkan Sulawesi Selatan telah memberikan bantuan,” ungkapnya.

Direncanakan, ke depan bantuan yang akan diberikan tidak hanya dalam bentuk materi, tapi lebih spesifik pada penyembuhan trauma akibat musibah yang dialami. Karena diketahui, akibat dari terjadinya musibah Semeru, banyak diantara masyarakat, utamanya anak-anak korban erupsi Semeru, terpaksa kehilangan orang tuanya atau orang yang dicintai.

Kondisi ini dipastikan akan menyisakan trauma bagi anak-anak. “Pada hari-hari ke depan, kami juga akan lebih spesifik untuk memberikan bantuan, bahkan memberikan trauma healing bagi anak-anak yang bagaimanapun juga merupakan korban yang akan merasakan hal yang berat,” jelasnya.

Para pengurus dan kader NasDem memandang bantuan pemulihan kondisi kejiwaan, utamanya bagi anak-anak ini sangat perlu dilakukan. “Kami merasakan perlu ada kegiatan lain yang tidak hanya melakukan proses evakuasi dan memberikan bantuan, tapi secara psykologis juga anak-anak perlu diberikan,” tandasnya.

Disampaikan, bahwa pemberian bantuan kepada korban erupsi Semeru sebagaimana intruksi DPP NasDem, sudah dilakukan sejak hari pertama peristiwa bencana itu terjadi. Setelah bencana yang terjadi pada hari Sabtu, 4 Desember 2021, sekira pukul 14.30, jajaran pengurus DPD NasDem Lumajang dan Jember, pada pukul 21.30, mengirimkan bantuan untuk pengungsi yang ditampung di Balai Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro.

“Kami dari Partai NasDem di bawah komando pimpinan pusat, bersama dewan pimpinan NasDem Jawa Timur, DPD NasDem Lumajang dan Jember ingin sedikit meringankan beban dari masyarakat Lumajang (korban erupsi). Kami sampai saat ini terus melakukan pengiriman bantuan, baik yang berupa sembako maupun alat-alat bantu lainnya, seperti pakaian dalam, juga pembersih, baju dan lain-lain,” tambahnya. (avi).

Pos terkait