Lomba Pacuan Kuda NasDem Cup, untuk Gairahkan Olahraga Berkuda

  • Whatsapp

Jember.LONTARNEWS.COM. Sebagai upaya menggairahkan olahraga berkuda di kalangan masyarakat, DPD Partai NasDem Jember, menggelar lomba pacuan kuda. Event olahraga pacuan kuda memperebutkan NasDem Cup ini, sekaligus dalam rangka merayakan HUT Kemerdekaan RI ke 77.

Kegiatan ini juga sebagai upaya untuk mengakomodir keinginan para pemilik kuda pacu terhadap tergelarnya lomba pacuan kuda. Selain itu juga untuk menumbuhkan minat olahraga berkuda, dan cara merawat kuda yang benar.

Bacaan Lainnya

“Di Jember ini banyak pemilik kuda yang berkeinginan digelarnya lomba pacuan kuda. Soal tujuannya, yang pasti, pertama untuk silaturahim sesama pecinta pacuan kuda,” ujar H Marsuki AG, Ketua DPD Partai NasDem Jember, Jumat (16/09/2022).

Kegiatan lomba pacuan kuda yang didukung penuh Komunitas Seduluran Selawase Center (SSC) dan dihadiri pengurus Pordasi pusat, Jatim, dan Kabupaten Jember ini juga diharapkan memberikan dampak ekonomi masyarakat sekitar. Misalnya, masyarakat bisa berjualan produk lokal, makanan tradisional, di sekitar tempat digelarnya lomba pacuan.

“Kuda pacu banyak yang ditempatkan di rumah warga. Malahan banyak juga rumah warga yang disewa oleh pemilik kuda, joki, pelatih pacuan,” tambah Deni Prasetya, Ketua SSJ.

Ketua Pordasi (Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia) Jember, H Mahfud, menambahkan, bahwa gelar lomba pacuan kuda yang diikuti lebih dari 100 peserta dan dilaksanakan di Desa Kasian Timur, Kecamatan Puger, ini diharapkan menjadi pemantik olahraga berkuda. Dengan kegiatan seperti ini, Jember menjadi daerah tujuan wisata pacuan kuda. “Kalau dilihat dari jumlah prsertanya, event ini sudah level nasional,” ujarnya.

Cabang olahraga berkuda ini, lanjut dia, akan sering mengadakan event pacuan kuda. Setidaknya dalam setahun direncanakan ada 3 kali event pacuan kuda.

“Kita berharap, ke depan Jember bisa menjadi daerah tujuan wisata pacuan kuda,” harapnya. (john).

Pos terkait