Digagas, Pacuan Kuda NasDem Cup Menjadi Kalender Wisata

  • Whatsapp
Lomba Pacuan Kuda NasDem Cup di Desa Kasian Timur, Kecamatan Puger, Jember, berlangsung selama dua hari, Sabtu, 17 September 2022 dan Minggu, 18 September 2022.

Jember.LONTARNEWS.COM.
Lomba Pacuan Kuda NasDem Cup yang untuk pertama kalinya digelar, diharapkan tidak hanya selesai pada perhelatan tahun ini saja. Ada harapan dan keinginan dari sejumlah pihak event oahraga berkuda ini diharapkan bisa terus digelar setiap tahun.

Harapan itu disampaikan Ketua DPD Partai NasDem Jember, H Marasuki AG, dalam sambutannya saat membuka Lomba Pacuan Kuda NasDem Cup, di Desa Kasian Timur, Kecamatan Puger, Jember, Sabtu (17/09/2022). Dalam sambutannya Marsuki berharap, lomba pacuan kuda yang digelar DPD Partai NasDem bersama Komunitas Seduluran Selawase Center (SSC) dan Pordasi Jember, ke depan harus bisa
manjadi destinasi wisata.

Bacaan Lainnya

Karena dengan begitu, masyarakat setidaknya bisa ikut merasakan manfaat dari digelarnya kegiatan olahraga itu sendiri. “Kita berharap olahraga pacuan kuda ini bisa menjadi kalender wisata. Karena jelas, ini sangat bermanfaat dalam upaya membantu meningkatkan pendapatan masyarakat,”

Menurut Marsuki, dengan event olahraga berkuda ini, masyarakat bisa berjualan makanan maupun membuka stan dagangan hasil usaha UMKM. “Kalau ini benar-benar bisa kita wujudkan, pasti akan banyak memberikan manfaat kepada masyarakat dan daerah,” ujarnya.

Gagasan untuk menjadikan event olahraga berkuda menjadi destinasi wisata ini juga pernah dilontarkan Ketua Pordasi Jember, H Mahfud. Dia sangat berkeinginan, lomba pacuan kuda yang digelarnya, selain diharapkan menjadi pemantik gairah olahraga berkuda, juga dimaksudkan untuk tujuan kepariwisataan.

Sebab itu, dia mulai menggagas lomba seperti ini, bisa digelar 3 kali dalam setahun. “Kita berharap, ke depan Jember bisa menjadi daerah tujuan wisata pacuan kuda,” harapnya.

Sementara Ketua KONI Jember, Sutikno, yang hadir pada acara itu dalam sambutannya mengatakan, salah satu upaya yang akan dilakukan untuk menggairahkan olahraga berkuda, yakni akan memperjuangkan ketersediaan lapangan pacu kuda bertaraf nasional di Jember. “Kita berharap ajang ini menjadi pencarian bibit pancuan kuda untuk kejurnas,” harapnya.

Olahraga pacuan kuda ini, juga akan diperjuangkan masuk dalam cabang olahraga yang diperlombakan dalam event olahraga resmi, baik level provinsi maupun nasional. “Pada porprov kemarin, pacuan kuda hanya eksibisi saja,” jelasnya. (john).

Pos terkait