NasDem Cup Menjadi Pemantik, Jember Bakal Miliki Sirkuit Pacuan Kuda Berstandar Nasional

  • Whatsapp
Didampingi Ketua DPD Partai NasDem Jember, H Marsuki AG, Bupati Jember, H Hendy Siswanto menyerahkan piala dan piagam kepada pemenang pertama Kejuaraan Pacuan Kuda memperebutkan NasDem Cup, di Deaa
Didampingi Ketua DPD Partai NasDem Jember, H Marsuki AG, Bupati Jember, H Hendy Siswanto, menyerahkan piala dan piagam kepada pemenang pertama Kejuaraan Pacuan Kuda memperebutkan NasDem Cup, di Desa Kasiyan Timur, Puger, Jember, Minggu (18/09/2022)

Jember.LONTARNEWS.COM. Keinginan para pecandu olahraga berkuda di Jember untuk memiliki sirkuit pacuan kuda sendiri agaknya bakal segera terwujud. Ini setelah, gagasan untuk ketersediaan lapangan pacuan kuda yang disampaikan Ketua DPD Partai NasDem Jember, H Marsuki AG, dan Ketua Pordasi Jember, H Mahfud, mendapat dukungan penuh dari Bupati Jember, H Hendy Siswanto.

Ketua DPD NasDem Jember, H Marsuki dalam sambutannya pada Kejuaraan Pacuan Kuda di Desa Kasian Timur, Kecamatan Puger mengatakan, dalam rangka menggali potensi bidang olahraga berkuda, Jember butuh ketersediaan lapangan pacuan kuda. Sirkuit pacuan kuda ini, nantinya tidak hanya diperuntukkan bagi olahraga berkuda semata. Di dalamnya nantinya juga direncanakan ada kios yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku UMKM untuk menjual hasil usahanya.

“Kita juga rencanakan, kejuaraan Pacuan Kuda NasDem Cup ini bisa diselenggarakan pada tahun-tahun berikutnya,” ujar H Marsuki, dalam sambutannya pada Kejuaraan Pacuan Kuda NasDem Cup, di Kasian Timur, Puger, Jember, Minggu (18/09/2022).

Atas harapan Ketua DPD NasDem dan Ketua Pordasi Jember tersebut, Bupati Jember, Hendy Siswanto, menyatakan kesanggupannya. Bupati bahkan mengaku senang atas diselenggarakannya Kejuaraan Pacuan Kuda NasDem Cup yang untuk pertama kalinya digelar itu. Kejuaraan pacuan kuda yang diinisiasi Denny Prasetya (angggota DPRD Jatim dari Fraksi NasDem), dan mendapat support dari Pordasi dan DPD Partai NasDem Jember serta Komunitas Seduluran Selawase Center (SSC) ini, kata bupati sangat bermanfaat bagi masyarakat. “Saya atas nama Bupati Jember yang memang dari NasDem, sangat mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi mas Denny ini. Apresiasi juga kepada Partai NasDem,” ucap H Hendy Siswanto, Bupati Jember.

Melihat besarnya animo masyarakat terhadap pacuan kuda ini, bupati menilai sudah semestinya pemerintah harus hadir sebagai upaya untuk pengembangan olahraga tersebut. “Saya melihat animo masyarakat luar biasa, ini juga akan mendatangkan perekonomian, di samping kesehatan, hobi tersalurkan. Terima kasih kepada NasDem yang telah menginisiasi ini, tingkatnya ndak main-main lagi. Ini pertama kejuaraan pacuan kuda se Jawa Bali dan Madura, pesertanya luar biasa, dan didukung oleh Ketua Pordasi Jember dan Jawa Timur, maupun juri dari pusat, dan provinsi juga ikut hadir semua,” tandasnya.

Salah satu bentuk perhatian yang bisa diberikan pemerintah terhadap keberadaan olahraga ini, yaitu penyediaan sarana prasarana yang dibutuhkan. “Inshaa Allah ke depan Jember punya lapangan sendiri. Kejuaraan pacuan kuda dinilai membawa berkah. Masyarakat bisa meraup rezeki dengan berjualan di seputar lapangan pacuan kuda,” ujar Bupati Hendy.

Bupati menilai, tingginya minat masyarakat terhadap olahraga ini, sebagai sebuah kesempatan untuk menggairahkan olahraga berkuda. Oleh karenanya, dalam rangka mendukung animo masyarakat tersebut, Pemkab Jember akan menyediakan lahan seluas 5 hektar untuk sirkuit pacuan kuda

“Kami di daerah akan menyiapkan semua prasarananya, karena kita belum punya. Kita punya lahan cukup banyak, kalau hanya 5 hektar saja tidak sulit untuk itu, tinggal pengelolaannya,” imbuh Bupati Jember. (john).