Antusias Ikuti Reses Anggota DPRD Jatim Denny Prasetya, Warga Patemon Tanggul Usulkan Banyak Hal

Reses ketiga anggota DPRD Jatim, H Denny Prasetya, di Desa Patemon, Kecamatan Tanggul, Kamis (20/10/2022)

Jember.LONTARNEWS.COM. Masa reses ke 3 anggota DPRD Provinsi Jawa Timur, Denny Prasetya, yang digelar di Desa Patemon, Kecamatan Tanggul, disambut dengan antusias oleh warga setempat. Banyak hal yang disampaikan warga kepada angggota DPRD Jatim dari fraksi NasDem itu, agar diupayakan realisasinya.

Ragam usulan yang disampaikan mulai dari pavingisasi jalan pemukiman, pembuatan selokan untuk pembuangan, pemberdayaan UMKM, sampai kebutuhan budidaya pertanian dan renovasi masjid. “Lingkungan saya kalau hujan cenderung banjir, karena posisi jalan memang lebih tinggi dari rumah penduduk. Sehingga kalau hujan air tidak bisa keluar dari pemukiman warga,” ujar Pujud Santoso, Ketua RT 06 RW 01, Dusun Krajan 01, Desa Patemon, Tanggul, dalam acara reses anggota DPRD Jatim, H Denny Prasetya, di Patemon, Tanggul, Kamis (20/10/2022).

Bacaan Lainnya

Sementara Ketua RT 10 RW 01 Dusun Krajan 01, Patemon, Rustamaji, berharap, proses renovasi masjid Baiturahman yang ada di lingkungannya, bisa juga mendapat bantuan. “Maaf, saya mau tanya, kalau renovasi masjid apa juga bisa dimintakan bantuan ?,” tanya Rustamaji kepada Denny Prasetya, yang anggota DPRD Jatim dari fraksi NasDem itu.

Atas pertanyaan ini, Denny balik bertanya, apakah masjid yang sedang dibangun tersebut berstatus waqaf atau belum. “Bisa, tapi syaratnya harus berstatus waqaf. Waqaf ini merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan bantuan,” jelas Denny.

Berbeda dengan usulan yang disampaikan Rustamaji, Kepala Dusun Krajan 01 Desa Patemon, Husein, menyampaikan soal kondisi saluran irigasi pertanian yang saat ini butuh perbaikan. Saluran irigasi yang mata airnya dari Desa Kramat Sukoharjo itu, semula menjadi penyuplai air untuk aktifitas pertanian di Desa Patemon.

Perbaikan saluran irigasi ini menurut Husein, sangat penting dilakukan, karena ratusan hektar sawah yang ada di Desa Patemon, kebutuhan pengairannya, sepenuhnya bergantung dari pasokan saluran tersebut.

“Mata airnya memang dari atas, di Desa Kramat Sukoharjo, tapi irigasi ini jadi tumpuan petani di Desa Patemon. Lahan yang bergantung dari irigasi ini ratusan hektar,” jelas Husein, Kepala Dusun Krajan 01, Desa Patemon, Tanggul.

Atas banyaknya usulan yang disampaikan masyarakat ini, Denny Prasetya, memberi penjelasan secara rinci dengan menyatakan akan mengupayakan realisasinya. Hanya saja dalam hal ini masih akan dilakukan pemilihan pada masing-masing usulan.

“Kita akan mengupayakan aspirasi yang disampaikan masyarakat bisa terealisasikan semua. Kami juga akan memilah-milah, kalau cukup ditangani daerah, ya kita koordinasikan dengan teman fraksi NasDem yang ada di DPRD Jember,”

Demikian pula untuk usulan yang sekiranya masuk dalam kewenangan provinsi, akan diteruskan kepada anggota fraksi NasDem di DPRD Jatim. “Di setiap komisi di DPRD Jatim ada wakil dari NasDem, kita tinggal menyampaikan ke teman-teman. Termasuk kalau usulan itu dalam kewenangan pusat, nanti juga kita teruskan ke pusat,” papar Denny Prasetya, dalam acara reses ketiga yang juga dihadiri Ketua DPD Partai NasDem Jember, H Marsuki AG. (vian).

Pos terkait