Emban Misi Kemanusiaan, Baret Rescue Garda Pemuda DPD NasDem Jember Kirim Relawan ke Daerah Bencana Cianjur

  • Whatsapp
Didampingi Ketua Baret Rescue Garda Pemuda DPD NasDem Jember, David Handoko Seto, tiga relawan kemanusiaan yang merupakan personil Baret Rescue Garda Pemuda DPD NasDem Jember, siap berangkat ke daerah bencana di Cianjur, Jawa Barat, Minggu (27/11/2022).

Jember.LONTARNEWS.COM. Sebagai wujud kepedulian terhadap nasib sesama yang tengah tertimpa musibah, Baret Rescue Garda Pemuda DPD NasDem Jember, berusaha mengambil peran dalam bentuk pemberian pertolongan sesuai keahlian yang dimiliki. Baret Rescue Garda Pemuda DPD NasDem Jember mengirimkan anggotanya untuk menjadi relawan kemanusiaan di daerah terdampak bencana gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat.

Pengiriman personil Baret Rescue Garda Pemuda DPD NasDem Jember ke daerah bencana di Cianjur sebagai relawan kemanusiaan ini sudah yang kedua kalinya. Di tempat terjadinya bencana mereka bergabung dengan petugas SAR Dog Malang, Jawa Timur.

Bacaan Lainnya

“Kemarin teman-teman SAR Dog sudah persiapan untuk undur diri karena memang anjing pelacaknya sudah kecapekan, dan yang hari ini (Minggu, 27/11/2022), berasal dari Jember, Surabaya dan Baret Rescue Jawa Tengah,,” ujar David Handoko Seto, Ketua Baret Rescue Garda Pemuda DPD NasDem Jember.

Dari Jember sendiri menurut David, dikirim 3 orang, yakni Alfin sebagai dikoordinator, serta Bagus dan Fahmi. Di tempat terjadinya bencana mereka akan melakukan kegiatan kemanusiaan, seperti bantuan search and rescue, membantu keposkoan dalam hal pendataan, termasuk membantu trauma heling pascabencana.

“Teman-teman yang dikirim ke daerah bencana akan menjalankan tugas kemanusiaan selama 10 hari. Di tempat bencana mereka bergabung dengan Basarnas, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), termasuk potensi relawan yang ada di tempat kejadian.

“Saya berharap teman-teman yang dikirim kesana bisa mandiri, menjaga diri, menjaga keselamatan dan kesehatan,” pesannya.

Pesan itu disampaikan, mengingat keberadaan mereka sebagai relawan, harus benar-benar bisa dipahami, bahwa tugas yang diemban adalah kerja kemanusiaan yang tidak disertai dengan fasilitas penunjang berupa bayaran.

“Kami melaksanakannya juga mandiri, tanpa ada back up dari manapun,” ungkap David yang anggota DPRD Jember dari Fraksi NasDem itu.

Lain dari itu, David menyampaikan ucapan terima kasih kepada beberapa pihak yang telah memberikan support kepada anggota Baret Rescue Garda Pemuda DPD NasDem Jember.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada beberapa pihak, Ketua DPW Garda Pemuda Jawa Timur, yang telah memberikan support kepada teman-teman,” ucapnya menambahkan. (john).

Pos terkait