Bangun Kesadaran Beragama Plus Serap Aspirasi, Bupati Hendy Agendakan Shalat Subuh Berjamaah di Masjid Seluruh Jember

Bupati Jember, Hendy Siswanto, saat memberi ceramah usai shalat subuh berjamaah bersama pejabat OPD dan masyarakat di Masjid Baitul Iman, Perum Bumi Mangli Permai, Kaliwates, (03/01/2023).

Jember.LONTARNEWS.COM. Kegiatan shalat subuh berjamaah yang mulai dilakukan pejabat di jajaran Pemkab Jember, rencananya akan dijadikan agenda rutin. Ini terungkap, setelah Bupati Jember, Hendy Siswanto, menyatakan, kegiatan ibadah shalat subuh berjamaah bersama jajaran OPD itu akan dilakukan secara bergilir ke seluruh masjid yang ada di Jember.

“Ini bagian dari semangat pemkab dalam mewujudkan pembangunan Jember dalam bentuk religi,” ucap Bupati Jember, Hendy Siswanto,

Bacaan Lainnya

Agenda shalat subuh berjamaah di masjid seluruh Jember ini, sudah dimulai dari masjid Nurush Shalihin, Kaliwates, pada hari Kamis (02/01/2023), lalu. Shalat subuh berjamaah yang dilakukan bupati bersama pejabat Pemkab Jember di masjid Jember, ini merupakan yang pertama.

Selain menunaikan shalat subuh berjamaah, ada kegiatan lain yang juga dilakukan, yakni zikir, doa bersama, yang diteruskan dengan kuliah tujuh menit (kultum). Kultum disampaikan langsung oleh Bupati Hendy Siswanto.

Materi yang disampaikan dalam kultum, selain hal-hal yang berkaitan dengan seruan perintah untuk menjauhi larangan dan melaksanakan perintah agama, juga disisipkan arahan dan pemberian pemahaman terkait kebijakan-kebijakan pemkab. Sedang dalam acara shalat subuh berjamaah ke dua, bupati bersama rombongan pejabat Pemkab Jember, yang juga diikuti Ketua TP PKK Jember Kasih Fajari, melakukannya di Masjid Baitul Iman, Perum Bumi Mangli Permai, Kaliwates, kemarin (03/01/2023).

Kebersamaan yang dirasakan dalam menunaikan shalat subuh berjamaan di masjid seluruh Jember ini, agaknya menjadi pendorong Bupati Hendy untuk terus mengagendakannya. Bupati merencanakan, kegiatan seperti ini akan dilakukan setiap hari.

Ini karena, kebersamaan yang dikemas dalam shalat dan doa berjamaah, bisa menjadi media untuk memohon kepada Allah atas kelancaran semua program yang sudah dicanangkan. Terlebih lagi tahun 2023 ini, fokus Pemkab Jember adalah peningkatan ekonomi masyarakat.

“Kami akan berkeliling ke masjid-masjid yang ada di Jember untuk menunaikan ibadah salat Subuh,” jelas Bupati Hendy.

Secara keseluruhan, dari kegiatan shalat subuh berjamaah di masjid seluruh Jember yang dilakukan Bupati Hendy bersama jajatan OPD ini, banyak manfaat yang bisa diraih. Selain fadhilah dari shalat subuh berjamaah itu sendiri, sebagaimana banyak disebutkan dalam hadist nabi, kegiatan itu juga mampu memberi dampak positif lainnya.

Salah satu diantaranya, bisa untuk syiar, memberi teladan kepada masyarakat betapa pentingnya shalat berjamaah di masjid. Dengah shalat subuh berjamaah, silaturahmi antara pemkab dengan warga setempat bisa semakin baik.

Lain dari itu, Pemkab Jember juga bisa menyerap aspirasi dari masyarakat secara langsung. Ditambah lagi, kehadiran Bupati Hendy bersama pejabat di tengah masyarakat, bisa dimanfaatkan untuk mengetahui keadaan masyatakat yang sesungguhnya. (vian).

Pos terkait