Misteri Prasasti Lumbung di Jember, Mungkinkah Sebagai Penanda Mulai Dikenalnya Aksara di Indonesia?

Meski pahatan dan goresan yang terdapat pada Prasasti Lumbung ini mirip aksara, namun pakar arkeologi masih belum berani mengambil kesimpulan. Masih butuh penelitian dan kajian lanjutan untuk mengetahui dengan pasti, apa sebenarnya yang tergores dan terpahat pada prasasti tersebut

Jember.LONTARNEWS.COM. Dugaan adanya peradaban tua di Bumi Nusantara yang oleh banyak pakar sejarah dan arkeologi diduga terletak di laut Jawa, agaknya bisa diterima. Ini karena, beberapa bukti arkeologis yang berhasil ditemukan masyarakat maupun para arkeolog di sejumlah daerah mengindikasikan adanya peradaban tua di Pulau Jawa.

Terkini, temuan batu bertulis yang oleh kalangan ahli belum bisa diidentifikasi, diduga berasal dari jaman megalithikum. Batu tulis yang diberi nama Prasasti Lumbung, itu ditemukan di dusun Krajan, Desa Karangharjo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember.

Bacaan Lainnya

Dengan ditemukannya batu tulis yang diduga berasal dari jaman batu besar (megalithikum) ini, mungkinkah era sejarah Indonesia ternyata tidak dimulai sejak abad 4 atau 5 masehi, sejak ditemukannya Prasasti Yupa peninggalan Kerajaan Kutai. Atau sebaliknya, era sejarah yang ditandai dengan dikenalnya tulisan dalam sejarah peradaban Indonesia sudah terjadi jauh sebelum itu.

Sekarang mari kita tengok Prasasti Lumbung yang ditemukan di Desa Karangharjo, Silo, Jember. Prasasti ini sudah diobservasi dan didata oleh Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur.

Pos terkait