Misteri Prasasti Lumbung di Jember, Mungkinkah Sebagai Penanda Mulai Dikenalnya Aksara di Indonesia?

Meski pahatan dan goresan yang terdapat pada Prasasti Lumbung ini mirip aksara, namun pakar arkeologi masih belum berani mengambil kesimpulan. Masih butuh penelitian dan kajian lanjutan untuk mengetahui dengan pasti, apa sebenarnya yang tergores dan terpahat pada prasasti tersebut

Apakah yang terdapat pada prasasti itu tradisi dari era pra sejarah yang berkelanjutan sampai era klasik. Atau apakah yang terpahat pada prasasti tersebut sebagai sebuah aksara?.

Prasasti ini masih banyak menyimpan misteri. Ismail Lutfi bahkan menilai aksara yang terpahat di prasasti itu terbilang unik.

Bacaan Lainnya

Selain karena ada beberapa yang sudah dikenali, pahatan dan goresan yang ada pada prasasti dinilai banyak yang anomali. Misalnya pola hias seperti lingkar obat anti nyamuk, yang diketahui ada sejak era megalitik.

Begitu pula pada sisi pinggir, juga ada pola hias berbentuk seperti ketupat yang jumlahnya dua. Pola seperti ini ditemukan ada sejak masa pra sejarah yang berlanjut sampai era klasik.

Sedang pada bagian tengah ada aksara di dalam bingkai ukuran 1m lebih x 90 cm. Lalu ada dua hiasan berbentuk seperti golok. Apakah itu aksara?

Pos terkait