Mengapa Ebiet G Ade Tidak Pernah Mau Memberikan Lagu Ciptaannya kepada Penyanyi Lain? Inilah Pengakuannya!

LONTARNEWS.COM. Di era tahun 80an, nama penyanyi yang juga komposer, Ebiet G Ade, sangat terkenal. Karya-karya lagunya ketika itu banyak digemari masyarakat bahkan sempat mendominasi pasar musik Indonesia.

Dari sekian banyak lagu yang dinyanyikan, hampir keseluruhan merupakan karya sendiri. Di kalangan seniman musik Indonesia, Ebiet G Ade, dikenal sebagai sosok yang sangat sulit untuk memberikan lagu ciptaannya kepada siapapun.

Bacaan Lainnya

Apakah keengganan memberikan lagu hasil karyanya kepada orang lain karena keangkuhan Ebiet sendiri atau bagaimana ?. Padahal kalau saja mau memberikan karya lagunya kepada orang lain, pundi-pundi rupiah Ebiet pastilah akan terus menggunung.

Keengganan Ebiet untuk memberikan karya lagunya ini ternyata juga bukan karena faktor nilai materi yang ditawarkan tidak cocok. Lalu apa yang menyebabkan Ebiet enggan memberikan lagunya kepada orang lain.

Dari wawancara yang dilakukan Iis Sugianto di akun youtubenya, Ebiet mengaku ada perasaan khawatir kalau lagu yang ditulisnya itu dinyanyikan orang lain, sang penyanyi tidak memahami sepenuhnya makna dan maksud yang terkandung dalam lagu tersebut. “Jadi gini, mungkin orang tidak memahami apa yang terlintas dalam pikiran saya, bahwa lagu-lagu itu lahir, bukan saya buat. Lagu itu lahir karena saya bukan tukang membuat,” jelas Ebiet kepada Iis Sugianto saat mewawancarainya di akun youtubenya.

Pos terkait