Ketupat Petis, Makanan Khas Lebaran yang Disajikan Pada Hari Ketujuh. Rasanya Ueeenak Tenan!

LONTARNEWS.COM. Sudah menjadi tradisi bagi umat Islam di Indonesia. Merayakan lebaran rasanya belum lengkap jika tidak disertai dengan acara kupatan setelah hari ketujuh lebaran.

Perayaan Kupatan atau Hari Raya Ketupat, biasanya digelar pada hari ketujuh sebagai penutup lebaran setelah umat Islam melaksanakan Puasa Syawal selama 6 hari, mulai tanggal 2 sampai 6 Syawal.

Bacaan Lainnya

Di kalangan umat Islam Jawa Timur, perayaan Hari Raya Idul Fitri biasanya diakhiri dengan acara Kupatan atau di kalangan masyarakat Madura dikenal dengan sebutan Telasan Ketopak (Lebaran Ketupat).

Lebaran Ketupat atau Telasan Ketopak di kalangan masyarakat muslim di Jawa Timur biasanya dilengkapi dengan menu khusus yang menjadi makanan khas Jawa Timuran, yaitu Ketupat Petis atau Ketopak Petes yang dimakan bersama Opor atau Kare Ayam.

Sajian Ketupat Petis dan Opor Ayam selain disuguhkan kepada tamu yang anjangsana/ bersilaturahmi, juga dibuat menu khusus untuk acara Halal Bihalal yang digelar lembaga pemerintah, swasta atau suatu komunitas.

Pos terkait