Turut Ambil Peran Menjaga Kelestarian Alam, SSC Gelar Bersih-bersih Sungai dan Tebar Bibit Ikan

H Denni Prasetya SE, nomor dua dari kanan bersama komunitas Saduluran Selawase Center (SSC) dalam kegiatan bersih-bersih sungai dan terbar bibit ikan

LONTARNEWS.COM. Menyadari betapa berartinya keberadaan sebuah sungai bagi kehidupan, komunitas Saduluran Salawase Center (SSC), berusaha ikut mengambil peran dalam upaya kelestariannya.

Salah satu bentuk upaya yang dilakukan dalam memberikan kontribusi terhadap kelestarian alam ini, SSC di bawah binaan H Denni Prasetya SE, turun ke sungai untuk bersih-bersih sekaligus menebar bibit ikan di sungai.

Bacaan Lainnya

Gelar kegiatan ini dimaksudkan, agar fungsi sungai sebagai salah satu sumber kehidupan bisa kembali bersih terbebas dari pencemaran dan bisa memberi manfaat bagi kehidupan.

“Sungai adalah sumber kehidupan, karena itu kalau sungainya bersih maka kehidupan masyarakat akan sehat. Karena itu kami mulai kegiatan bersih-bersih ini dari sungai,” ujar H Denni Prasetya, SE, pembina Komunitas Saduluran Salawase Center (SSC), di Kecamatan Panti, tempat digelarnya kegiatan, Sabtu (20/5/2023).

Ada dua tempat yang menjadi sasaran dari kegiatan ini, yakni Desa Kemiri dan Suci, Kecamatan Panti. Di dua desa ini, bersama komunitas SSC dan masyarakat, anggota DPRD Jatim Fraksi NasDem, dari dapil Jember dan Lumajang itu melakukan kegiatan bersih-bersih sungai dan menebar bibit ikan.

Dengan mengambil tema ‘menebar kebaikan, menjemput perubahan’, kegiatan ini, lanjut Denny, sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan.

Kegiatan yang melibatkan sejumlah stakeholder, ini juga berkolaborasi dengan TNI-Polri, aktifis lingkungan, relawan kebencanaan, pelajar serta masyarakat di wilayah Jember.

Mengingat tujuan yang ingin dicapai adalah untuk membangun kesadaran dalam pelestarian lingkungan hidup, maka pelibatan pelajar dan kalangan muda dalam kegiatan ini menjadi perhatian utama.

Pelibatan pelajar dan kaum muda dalam kegiatan ini dinilai sangat penting sebagai upaya untuk membangun kesadaran sejak dini dan memberi contoh secara langsung betapa pentingnya sikap peduli terhadap pelestarian lingkungan hidup tertanam pada setiap individu.

Pos terkait