Ekspedisi Pasadeng adalah Kunci! Dari Sinilah NKRI Bermula

Ekspedisi Pasadeng merupakan operasi militer tentara Majapahit untuk menumpas Pemberontakan Sadeng. Operasi militer ini menjadi taruhan Gajah Mada untuk menerima amanah jabatan sebagai Patih Amangkubumi. Pengangkatan Gajah Mada sebagai orang nomor dua setelah Raja Majapahit, diikuti dengan pengucapan sumpah yang di kemudian hari dikenal dengan Sumpah Palapa.

LONTARNEWS.COM. Bicara tentang sejarah kerajaan yang pernah berdiri dan eksis di bumi Nusantara, seakan tidak pernah ada bosannya.

Karena selain menjadi kebanggaan bersama, bahwa bangsa ini pernah mencapai peradaban gemilang di masa lampau, ragam kisah dan peristiwa yang terjadi di masa lampau juga sangat beragam.

Bacaan Lainnya

Diawali munculnya sistem pemerintahan dalam bentuk kerajaan, yang dimulai sejak berdirinya Kerajaan Kutai Martadipura, pada abad 4, di Muara Kaman, Kalimantan Timur, hingga menyatunya seluruh kawasan di Nusantara di bawah panji merah putih, Indonesia.

Sejarah Indonesia terasa begitu panjang dengan aneka pernik dan ragam dinamikanya. Mulai dari masyarakatnya, seni dan budanya, pemerintahannya maupun sisi kehidupan lainnya.

Berdirinya Kerajaan Kutai Martadipura pada tahun 300an atau abad ke-4, menandai dimulainya era sejarah Indonesia. Kerajaan yang didirikan Kudungga, ini mengalami kemunduran pada masa pemerintahan raja ke-25 Maharaja Derma Setia, abad ke-13.

Tercatat puluhan kerajaan pernah berdiri di atas Bumi Nusantara. Mulai dari yang besar sampai kerajaan kecil dan vasal yang berada di bawah kekuasaan negara lain.

Nusantara pernah mencatat masa kejayaan saat Majapahit berdiri sebagai kerajaan terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Di atas Bumi Nusantara juga pernah berdiri kerajaan besar yang teramat masyhur. Kerajaan ini terletak di daerah yang saat ini dikenal dengan kota Mojokerto, Jawa Timur.

Pos terkait