Usaha Layanan Laundry Ternyata Sudah Ada Sejak 2.000 Tahun Lampau

Di bekas reruntuhan kota Pompeii yang musnah akibat letusan Gunung Vesuvius pada 24 Agustus 79 Masehi, para arkeolog menemukan beberapa bekas bangunan berupa toko yang melayani jasa laundry atau binatu

LONTARNEWS.COM. Jasa penyucian pakaian (laundry) yang banyak ditemui di berbagai tempat seperti sekarang ini, ternyata bukan hal yang baru

Sejak ribuan tahun lampau, jasa penyucian pakaian, mulai dari mencuci, mengeringkan, sampai melipat sebagaimana layanan laundry sekarang, sudah ada dan dilakukan orang-orang jaman dulu.

Bacaan Lainnya

Namun jangan dibayangkan, cara mencuci pakaian yang dilakukan tukang cuci atau laundry zaman lampau sama dengan sekarang yang tinggal memasukan pakaian ke dalam mesin cuci

Atau mencuci ala tradisional yang biasanya diawali dengan mengucek lalu membilas dan setelah itu dikeringkan di tempat jemuran.

Para pekerja atau tukang cuci di masa lampau memulai pekerjaannya dengan memasukkan pakaian kotor yang akan dicuci ke dalam tong berisi air.

Setelah pakaian terendam di dalam tong berisi air yang dicampur air kencing, tanpa alas kaki mereka akan menginjak-injak pakaian tersebut selama beberapa saat.

Setelah dianggap cukup, mereka akan membilas pakaian yang dicuci itu dengan tangan, yang diteruskan dengan memukulnya pakai tongkat untuk menghilangkan noda pakaian yang masih menempel.

Pos terkait