Inilah Perwira Belanda yang Ditugaskan Menghancurkan Letkol Moch Sroedji dan Pasukannya

Letkol Johann Heinrich Jacob (JHJ) Brendgen, perwira militer lulusan akademi militer Koninklijk Militaire Academie (KMA), di Breda, Belanda dan pimpinan Divisi Infanteri XXIII Koninklijke Nederlandsch Indische Leger (KNIL) yang ditugaskan menghancurkan pasukan Brigade III Damarwulan yang dipimpin Letkol Moch Sroedji.

LONTARNEWS.COM. Inilah perwira Belanda yang ditugaskan untuk menghancurkan Letkol Moch Sroedji dan pasukan yang dipimpinnya.

Letkol Moch Sroedji merupakan pemimpin militer yang menjaga kawasan timur Jawa Timur dari ancaman Belanda yang sangat bernafsu untuk menguasainya.

Bacaan Lainnya

Belanda sangat berkepentingan untuk menguasai ujung timur Jawa Timur (Karesidenan Besuki). Karena daerah ini memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah.

Sebab itu harus dipilih perwira yang handal dan punya pengalaman tempur yang lebih dari cukup.

Bagi Belanda, Karesidenan Besuki bisa diandalkan untuk menutupi khas keuangannya yang terkuras akibat perang yang terus menerus.

Di Karesidenan Besuki banyak perkebunan, mulai dari tanaman tembakau, karet, kopi, bahkan juga tebu.

Di kala itu, di daerah ini juga terdapat beberapa pabrik gula (PG), seperti PG De Maas, Asembagus, Pandjie, Olean, Boedoean, Wringin Anom, Prajekan, Tenggarang, Semboro, Goenoeng Sarie, PG Bedadung di Balung, termasuk PG Djatiroto yang letaknya berbatasan langsung dengan Kabupaten Jember.

Belum lagi pabrik perkebunan tanaman keras seperti Kebun Zeelandia, Kebun Renteng, Kebun Blater, Kebun Silo Sanen, Kebun Glantangan, Kebun Banjarsarie, Kebun Mumbul, Kebun Gunung Gambir, juga kebun-kebun tanaman keras yang banyak di Banyuwangi.

Pos terkait