Pramuka Itu ‘Poromuko’, yaitu Pasukan Terdepan dalam Medan Perang

Nama Pramuka dicetuskan pertama kali oleh Sultan Hamengku Buwono IX. Nama ini diambil dari kata Poromuko, yaitu pasukan yang berada di garis terdepan dalam pertempuran. (Gambar ilustrasi)

LONTARNEWS.COM. Sebelum lahir nama Pramuka, organisasi kepanduan di negeri ini disebut dengan Padvinder, setelah itu berubah menjadi Pandu atau Kepanduan.

Istilah Padvinder pertama kali diperkenalkan Nederlandesche Padvinders Organisatie (NPO), yaitu organisasi kepanduan yang ada di negeri Belanda.

Bacaan Lainnya

Organisasi itu dibawa ke Indonesia pada tahun 1912, sebagai cabang dari kepanduan yang ada di Belanda.

Nederlandesche Padvinders Organisatie , tercatat sebagai organisasi kepanduan pertama yang lahir di Indonesia.

Tahun 1916, Nederlandesche Padvinders Organisatie (NPO) berubah nama menjadi Nederlands Indische Padvinders Vereniging (NIVP).

Pada September 1917, Adipati Mangkunegaran Ketujuh, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara VII mendirikan Javanese Padvinders Organisatie (JPO).

Organisasi ini muncul menyusul
berdirinya Nederlands Indische Padvinders Vereniging (NIVP) yang keanggotaanya bersifat ekslusif hanya untuk kalangan Eropa saja.

Lahirnya Javanese Padvinders Organisatie (JPO) mendorong gerakan nasional lainnya untuk mendirikan organisasi sejenis pada saat itu.

Pos terkait