Legenda Pemandian Patemon Tanggul Jember

Mata air yang sudah dibuat menjadi sumur untuk menyuplai air ke kolam renang yang diberi pagar pembatas, ini awalnya merupakan sebuah telaga kecil. Setelah dijadikan obyek wisata berupa kolam renang atau pemandian, telaga dengan sumber air yang cukup besar itu kemudian digali dan dibuatkan sumur penampungan yang pada bagian bawahnya diberi saluran/gorong-gorong untuk mengalirkan air ke kolam renang.

LONTARNEWS.COM. Patemon, merupakan tempat wisata berupa kolam pemandian di Kecamatan Tanggul, Jember yang dipercaya berkaitan dengan legenda Dewi Rengganis

Selain untuk nama obyek wisata, Patemon juga digunakan untuk menyebut nama desa, yakni Desa Patemon. Obyek wisata Patemon yang menjadi tujuan wisata masyarakat, utamanya dari Kabupaten Jember dan Lumajang, adalah milik Pemerintah Kabupaten Jember.

Bacaan Lainnya

Obyek wisata berupa taman dan kolam renang dengan mata air alami yang berasal dari lereng Gunung Argopuro, ini merupakan wisata tradisional yang selalu dipadati pengunjung saat hari libur keagamaan, seperti lebaran atau natal dan tahun baru.

Konon, sebelum dijadikan sebagai tempat wisata, obyek wisata Patemon pada masa dulu merupakan sebuah telaga kecil yang debit airnya sangat besar dan jernih.

Saking jernihnya air yang ada di telaga tersebut, kalau dibuat bercermin, siapapun orangnya, kalau laki-laki akan terlihat ganteng, jika perempuan akan terlihat cantik.

Begitu masyhurnya kejernihan air di telaga kecil ini, sampai seorang puteri cantik dari Lereng Argopuro, bernama Dewi Rengganis, penasaran dan ingin mengetahui keberadaan telaga yang airnya terkenal sangat bening itu.

Dari Serat Rengganis, disebutkan, bahwa puteri cantik bernama Dewi Rengganis itu, adalah anak seorang pertapa di lereng Gunung Argopuro.

Sejak ditinggal mati ibundanya saat masih anak-anak, Dewi Rengganis tinggal bersama ayahnya di Lereng Argopuro.

Ayah Dewi Rengganis adalah seorang adipati di Kadipaten Jamintoran. Sang adipati meninggalkan istananya dan memilih lengser keprabon setelah ditinggal mati isteri tercintanya.

Pos terkait