Di Awal Kedatangannya, Kendaraan Ini Disebut Sebagai ‘Kereta Setan’

20230711 185800 e1689077989725
Kendaraan bermotor pertama di Indonesia, bermerk Benz Phaeton, yang dibuat Karl Benz di Jerman, ini pernah diikutsertakan dalam pameran RAI Amsterdam Motor Show tahun 1924, Amsterdam, Belanda.

Setelah diikutkan dalam pameran itu, kendaraan ini tidak lagi berada di Jawa, tapi menjadi penghuni sebuah museum di Amsterdam.

Adalah Sampeyan Dalem Ingkang Sinuhun Kanjeng Susuhunan Pakubuwono X atau yang dikenal dengan Paku Buwono (PB) X, yang tercatat sebagai orang Hindia Belanda atau Indonesia pertama yang memiliki kendaraan bermotor roda empat (mobil).

Bacaan Lainnya

Mobil itu diperoleh PB X melalui penjual mobil di Surabaya, sekaligus masinis pabrik gula di Probolinggo, Jawa Timur, bernama John C Potter.

John C Potter, yang mengurusi mobil pesanan PB X tersebut, mengupayakan langsung kepada Karl Benz, pembuat mobil di Jerman

Mobil milik PB X bermerek Benz Phaeton yang didatangkan langsung dari Jerman pada tahun 1894 tersebut, seharga 10 ribu gulden, sekarang setara dengan Rp 83 juta.

Pembelian mobil oleh PB X ini sempat membuat orang-orang Belanda kaget. Pasalnya, jenis mobil yang sama baru masuk Den Haag, Belanda, pada tahun 1896.

Gegara mobil Benz Phaeton pesanan PB X ini, Indonesia tercatat sebagai negara Asia Tenggara pertama yang mendatangkan mobil.

Paku Bowono X juga mencatatkan namanya sebagai salah satu tokoh di dunia yang pertama memiliki mobil.

Loading

Pos terkait