Di Awal Kedatangannya, Kendaraan Ini Disebut Sebagai ‘Kereta Setan’

20230711 185800 e1689077989725
Kendaraan bermotor pertama di Indonesia, bermerk Benz Phaeton, yang dibuat Karl Benz di Jerman, ini pernah diikutsertakan dalam pameran RAI Amsterdam Motor Show tahun 1924, Amsterdam, Belanda.

Mobil Benz Phaeton buatan Karl Benz seperti yang dipesan PB X, di seluruh dunia bisa berbeda atau tidak sama antara yang satu dengan lainnya, sekalipun berasal dari orang (pembuatnya) yang sama.

Mengapa demikian?. Mobil yang dibuat Karl Benz bisa disesuaikan dengan keinginan pembeli. Karena itu, mobil Benz Phaeton yang ada di seluruh dunia berbeda satu dengan lainnya.

Bacaan Lainnya

Mobil Benz Phaeton tidak diproduksi massal, baru dirakit setelah ada permintaan atau pemesanan dari pembeli.

Ada kisah menarik dari hadirnya mobil Benz Phaeton, yang dipesan PB X dan tercatat sebagai kendaraan bermotor pertama di Indonesia.

Orang Jawa yang ketika itu, era tahun 1800an, terbiasa dengan kendaraan kereta kuda dibuat kaget dan keheranan dengan hadirnya mobil hadirnya mobil Benz Phaeton yang dipesan Paku Buwono X.

Orang Jawa heran, karena kendaraan itu bisa berjalan meski tidak ditarik kuda atau tidak ada yang menarik.

Karena itu, mereka menyebut mobil Benz Phaeton, itu sebagai ‘Kereta Setan’. Sebab, transportasi umum yang digunakan saat itu adalah kereta kuda.(*).

Loading

Pos terkait