Di Awal Kedatangannya, Kendaraan Ini Disebut Sebagai ‘Kereta Setan’

20230711 185800 e1689077989725
Kendaraan bermotor pertama di Indonesia, bermerk Benz Phaeton, yang dibuat Karl Benz di Jerman, ini pernah diikutsertakan dalam pameran RAI Amsterdam Motor Show tahun 1924, Amsterdam, Belanda.

LONTARNEWS.COM. Akhir abad 19 atau tahun 1800an akhir, menjadi awal perkenalan orang Indonesia terhadap kendaraan jenis baru, yang kala itu disebutnya sebagai Kereta Setan.

Kendaraan jenis baru yang dilihat orang Jawa, ini dianggap aneh karena berbeda dengan kereta kuda yang biasa ditemui serta digunakan sebagai sarana transportasi kala itu maupun era sebelumnya.

Bacaan Lainnya

Ketika itu, orang Indonesia, khususnya Jawa, hanya mengenal kendaraan atau kereta yang ditarik dengan kuda atau sapi (dokar, bendi, cikar).

Tapi yang baru hadir dan dilihat orang Jawa ini berbeda. Tanpa ditarik kuda, kendaraan yang baru dikenal orang Jawa itu bisa bergerak dan berjalan.

Dengan menggunakan empat roda, kendaraan bermotor yang selanjutnya disebut mobil itu, di kemudian hari dikenal sebagai kendaraan roda empat pertama yang menyusuri jalanan di Jawa (Indonesia)

Mobil pertama di Indonesia itu hanya menggunakan mesin satu silinder dengan kapasitas 2.000 cc dan 5 tenaga kuda (horse power).

Meski roda yang digunakan kendaraan ini terbuat dari kayu, namun bisa dikendarai dengan membawa 8 orang penumpang.

Kendaraan bermotor pertama yang digunakan di Indonesia ini pernah diikutsertakan dalam pameran RAI Amsterdam Motor Show tahun 1924, Amsterdam, Belanda.

Pos terkait