Inilah Orang Pertama yang Mencetuskan Nama Indonesia

Screenshot 20230717 103552 Gallery e1689565368434
James Richardson Logan yang disebut sebagai pencetus pertama nama Indonesia, adalah orang Skotlandia yang lahir pada tanggal 10 April 1819.

Nama Indonesia sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu, Indus dan Nesos. Indus berarti “India” dan Nesos artinya pulau/kepulauan.

Meski terjadi perubahan huruf dan pengucapan pada kata Indunesia menjadi Indonesia, namun makna dari kata itu sendiri tidak berubah, tetap bermakna Kepulauan India.

Bacaan Lainnya

Perubahan nama dari Indunesia menjadi Indonesia, yang ditulis dalam artikel James Richardson Logan di Journal of Indian Archipelago and Eastern Asia tahun 1850, di kemudian hari juga diikuti oleh kalangan ilmuwan lain di dunia.

Ini yang kemudian menjadikan nama Indonesia semakin dikenal di seluruh dunia. Banyak kalangan mengakui, orang pertama yang mencetuskan nama Indonesia adalah James Richardson Logan.

Sejarawan Universitas Oxford, Peter Carey, juga mengakui, bahwa James Richardson Logan merupakan orang pertama yang mencetuskan nama Indonesia.

Dari Indonesia.go.id, juga diketahui, Pramoedya Ananta Toer dalam buku “Sedjarah Modern Indonesia”, menyebut James Richardson Logan sebagai orang pertama yang mencetuskan nama Indonesia.

James Richardson Logan yang disebut-sebut sebagai pencetus pertama nama Indonesia, adalah orang Skotlandia yang lahir pada 10 April 1819.

Ia merupakan seorang pengacara dan pernah menjadi editor pada majalah Penang Gazette, di Malaysia.

Richardson Logan datang ke Penang bersama saudaranya, Abraham, pada tahun 1840, saat masih berumur 20 tahun.

Pos terkait