Sakit di Papua, Pemkab Jember Pulangkan Warga Wringinagung untuk Dirawat di RSU dr Soebandi

Petugas Puskesmas Kecamatan Jombang, saat menjemput AR di Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali.
Petugas Puskesmas Kecamatan Jombang, saat menjemput AR di Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali.

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Pemerintah Kabupaten Jember kembali memulangkan warganya ke kampung halamannya. Kali ini, Pemkab Jember memulangkan, AR, warga Dusun Krajan, Desa Wringin Agung, Kecamatan Jombang.

Perempuan 26 tahun itu dipulangkan ke Jember, karena permintaan keluarganya ke Pemkab Jember. AR dipulangkan karena menderita sakit yang butuh perawatan intensif.

Pemulangan warga Jember dari daerah lain seperti ini, menurut Gatot Triyono, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Jember, kerap dilakukan oleh Bupati Faida. Ini adalah bentuk perhatian pemerintah kepada warganya yang membutuhkan pertolongan.

Dipulangkannya AR, lanjut Gatot Triyono, setelah pihak keluarga mengirim surat kepada Bupati Jember, dr. Faida, MMR. “Pasien sebelumnya dilaporkan oleh pihak keluarga di Jember mengalami sakit di Papua. Agar mendapatkan perawatan lebih intensif oleh pihak keluarga, keluarga pasien berharap bupati memulangkan RA,” ujar Gatot Triyono, Kamis (06/02/2020).

Permohonan itu direspon baik oleh bupati. Sebab, bukan hanya menjemput, bupati meminta Dinas Kesehatan untuk juga melakukan perawatan terhadap pasien.

Penjemputan dilaksanakan oleh petugas Puskesmas Kecamatan Jombang di Bandara Ngurah Rai Bali. Petugas puskesmas didampingi oleh perangkat Desa Wringinagung dan ayah tiri RA.

Pihak Puskesmas Jombang melaporkan, pada Rabu malam, 05 Februari 2020, telah bertemu dengan RA di Bandara Ngurah Rai Bali dan RA pun langsung dibawa ke Jember.

Rencananya, sebelum dibawa ke rumahnya, RA diobservasi lebih dulu di RS dr. Soebandi. “Dirujuk ke RSD. dr. Soebandi untuk dilakukan observasi dan tindakan pengobatan lebih lanjut,” terang Gatot. (*)