Aneka Ria Safari, Acara Hiburan Televisi Era 80-an yang Kehadirannya Selalu Dinantikan Setiap Pekan

Sri Maryati, Pembawa Acara Aneka Ria Safari di TVRI Tahun 80-an

LONTARNEWS.COM. Masih ingat Aneka Ria Safari, variety show unggulan di TVRI pada tahun 1980-an. Acara musik yang tampil setiap pekan itu terbilang sebagai acara teve paling sukses.

Christine Panjaitan

Setiap pekan kehadirannya dinanti pemirsa TVRI, satu-satunya stasiun teve yang ada hingga akhir 1980-an. Ide lahirnya acara Aneka Safari berawal dari pertemuan Eddy Soed dengan Menteri Penerangan, waktu itu Ali Moertopo.

Bacaan Lainnya
Iwan Fals

Dasarnya, keprihatinan pada nasib musik Indonesia yang kalah terus dalam bersaing dengan lagu-lagu Barat. Lalu munculah acara Aneka Ria Safari.

Nia Daniaty

Organisasi Artis Safari dibentuk Eddy Soed tahun 1971 bersama Bing Slamet, Bucuk Soeharto (ketua Departemen Seni dan Budaya DPP Golkar kala itu). Tujuannya, menghimpun artis yang mau diajak keliling daerah untuk berkampanye.

Dian Pisesha

Awalnya, mereka yang tergabung dalam kelompok Artis Safari, mendapat prioritas untuk tampil di televisi. Namun pada perjalanan selanjutnya menjadi sangat lain. Sudah tidak jelas mana yang anggota Artis Safari, mana yang rekanan bisnis.

Ratih Purwasih

Sebagai koordinator Aneka Ria Safari, Eddy Soed yang punya nama lengkap Eddy Sudihardjo makin terkenal. Nama Eddy pun terangkat oleh kesuksesan itu, hingga ia terpilih sebagai anggota MPR dari FKP periode 1987-1992.

Ria Resty Fauzy

Banyak artis-artis Indonesia tempo dulu yang namanya terangkat setelah tampil di pentas Aneka Ria Safari ini. Seperti Arie Wibowo, Ratih Purwasih, Meriam Bellina, dan puluhan artis lainnya.

Itje Trisnawati

Setelah belasan tahun menikmati masa jayanya, pada tahun 90-an acara yang banyak digemari pemirsa teve ini dihentikan.(*).

Lidya Natalia

Pos terkait