Hari Buruh Internasional, Mengapa Tanggal 1 Mei? Begini Awal Kisahnya Bermula!

Hari Buruh yang jatuh pada tanggal 1 Mei, menjadi momentum bagi kalangan kelas pekerja untuk menyampaikan sekaligus meminta hak-haknya sebagai pekerja yang harus dipenuhi. Foto: Demo buruh di Jember tahun 1954 (ilustrasi)

LONTARNEWS.COM. Tanggal 1 Mei merupakan hari yang memiliki makna historis yang sangat berarti bagi kaum buruh se dunia.

Mengapa demikian?. Karena pada tanggal 1 Mei 1886 ada peristiwa besar yang di kemudian hari banyak mempengaruhi sistem jam kerja maupun hak-hak yang harus diterima pekerja.

Bacaan Lainnya

Pada tanggal tersebut sekitar 400.000 buruh di Amerika Serikat mengadakan demonstrasi besar-besaran menuntut pengurangan jam kerja.

Pada tanggal 3 Mei 1886, aksi yang dilakukan para buruh berubah menjadi ricuh. Kepolisian dituding memihak penguasa kapitalis dan menyerang buruh yang tengah menggelar aksi demonstrasi di dekat pabrik McCormick Reaper.

Sehari berikutnya, dalam pertemuan yang diadakan di alun-alun Haymarket, Chicago, Amerika Serikat, tanggal 4 Mei 1886, terjadi kerusuhan berdarah.

Di saat aksi berlangsung ricuh, ada ledakan bom di antara barisan polisi. Bom itu dikaitkan sebagai sebuah konspirasi pembunuhan, hingga akhirnya 8 orang ditetapkan sebagai tersangka.

Pos terkait